Messi Ingin Trofi, Muller Ingin Top Skor

Ajang Pembuktian Terakhir Para Bintang Dunia di Qatar yang Akan Dibuka Minggu Malam Besok

 

SURABAYAPAGI.COM, Doha - Minggu (20/11/2022) esok, Piala Dunia untuk kali pertama di tanah timur tengah akan dibuka. Partai pembukanya adalah tuan rumah Qatar yang akan menjamu negara Amerika Latin, Ekuador di Stadion Al Bayt, yang terletak di kota Al Khor, 50 kilometer dari ibukota Qatar, Doha. Namun pada Piala Dunia 2022 ini akan menjadi momen terakhir bagi bintang-bintang dunia dan juga awal bagi para calon pemain muda terbaik.

Salah satunya, yakni Lionel Messi, kapten timnas Argentina, yang negaranya oleh para rumah taruhan, dijagokan untuk menjadi juara di tanah timur tengah ini. Pasalnya, Lionel Messi ingin mengakhiri sebagai pemain profesional dengan melengkapi trofi Piala Dunia, yang belum pernah ia raih sejak partisipasinya dari Piala Dunia 2008.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Messi berusia 35 tahun. Praktis, dirinya tak mungkin lagi bersaing bila "dipaksakan" untuk ikut Piala Dunia 2026 mendatang. Secara keseluruhan Messi telah menyabet 36 gelar juara, sebagian besar diraihnya bersama Barcelona (34) di antaranya 10 titel LaLiga dan empat Liga Champions.

Sementara itu di level internasional, Messi akhirnya berhasil memenangi Copa America (2021) setelah tiga kali menjadi runner-up bersama Argentina. Namun, di Piala Dunia Argentina-nya Messi hanya sekali menjadi finalis (2014).

Lionel Messi kini menatap kesempatan terakhir untuk merebut gelar Piala Dunia 2022 di Qatar. Pelatih top Argentina Mauricio Pochettino meyakini, Messi butuh mengangkat trofi juaranya demi menegaskan statusnya sebagai salah satu pesepakbola terhebat. "Seperti (Diego) Maradona atau Pele, anda perlu meyakinkannya dengan trofi," ungkap Pochettino kepada the Athletic, Jumat (18/11/2022).

"Saat anda mengangkat trofinya, itu seperti, 'oke, dia adalah yang terbaik di dunia. Itu adalah satu-satunya trofi yang kurang dari Messi, mengangkat Piala Dunia, dan saya harap di Qatar hal itu bisa terjadi. Karena saya orang Argentina, dan tentu saja keinginan saya adalah Argentina juara Piala Dunia dan menegaskan Messi adalah salah satu yang terbaik, sejajar dengan Maradona dan Pele," lanjut mantan pelatih Tottenham Hotspur dan Paris Saint Germain itu.

 

Cristiano Ronaldo

Lantas siapa selain Lionel Messi yang akan menjadi Piala Dunia terakhirnya? Dihimpun Surabaya Pagi, salah satunya rival Lionel Messi, yakni Cristiano Ronaldo. Banyak yang menganggap bahwa pensiunnya salah satu pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo akan menjadi patah hati bagi para penggemarnya.

Qatar menjadi negara terakhir yang didatangi Cristiano Ronaldo untuk bermain di Piala Dunia, sebab usianya sudah menginjak 37 tahun dan ia sudah menyatakan secara bulat untuk pensiun dari timnas Portugal. Bersama Portugal dia sudah memenangkan Piala Euro 2016 dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Selain itu trofi juara UEFA Nations League 2018.

Hal ini ia ungkapkan kepada saat wawancara dengan wartawan Piers Morgan. Pada momen tersebut, Ronaldo menyampaikan rencana karier internasionalnya. Kapten Portugal itu memastikan akan pensiun usai bermain di Piala Dunia 2022 dan membawa Portugal menjadi juara. "Ya, pensiun. 100 persen," ucap Ronaldo kepada Piers Morgan.

Ronaldo telah memainkan empat edisi Piala Dunia bersama Portugal. Qatar akan menjadi Piala Dunia kelimanya. Namun, untuk karier pada level klub, Ronaldo mengaku masih ingin bermain dua atau tiga tahun lagi. "Ini mungkin Piala Dunia terakhir saya, tentu saja, Piala Dunia kelima saya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelah Piala Dunia," tegas eks pemain Sporting CP tersebut.

 

Thomas Muller

Selanjutnya, yakni Thomas Muller. Pemain loyalis Bayern Munich ini adalah pemain paling mungkin akan pensiun setelah Piala Dunia 2022 dan akan menikmati ajang empat tahunan itu untuk terakhir kalinya.

Thomas Muller termasuk pemain paling subur milik Jerman, dan sampai sekarang dia juga masih aktif di Bayern Munich. Namun, melihat umurnya yang sudah 33 tahun, mungkin Piala Dunia selanjutnya Muller tidak akan tampil lagi.

Kini, Thomas Muller juga berpeluang menjadi pemain Jerman yang bisa memecahkan rekor rekannya Miroslav Klose. Rekor yang dimaksud, yakni Muller bisa menjadi top skor Piala Dunia sepanjang masa. Asalkan, Muller bisa mencetak enam gol pada Piala Dunia 2022 kali ini.

Dilansir The Analyst, Thomas Muller merupakan salah satu pemain aktif dengan koleksi gol terbanyak di Piala Dunia. Yakni mengoleksi 10 gol. Koleksi gol Muller itu sama dengan golnya Grzegorz Lato (Poland), Teofilo Cubillas (Peru), Gabriel Batistuta (Argentina), Gary Lineker (Inggris), dan Helmut Rahn (Jerman). Top skor Piala Dunia sepanjang masa masih dipegang oleh Miroslav Klose dengan 16 gol. Di bawahnya, ada Ronaldo Luis Nazario dengan 15 gol.

Selain pencetak gol terbanyak, Muller juga pemain aktif yang membukukan pencetak assist sepanjang sejarah di Piala Dunia dengan enam assist. Prestasi cemerlang Muller saat dirinya di Piala Dunia 2010, ia mencetak lima gol dan menjadikan dirinya menyabet gelar pemain muda terbaik saat itu dan raih Golden Boot. Kemudian lima gol lagi dicetaknya pada Piala Dunia 2014.

 

Manuel Neuer

Kemudian, pemain yang berpeluang akan mengakhiri Piala Dunia di Qatar adalah kiper yang pernah menyabet Penjaga Gawang Terbaik pada tahun 2010 dan 2014, Manuel Neuer. Kini, Neuer telah berumur 36 tahun. Usia  sudah tidak muda lagi untuk bisa berkontribusi bagi Jerman di Piala Dunia berikutnya. Meski masih bisa berpeluang memecahkan rekor Dino Zoff yang mencapai usia 42 tahun, namun, Neuer telah memiliki penerus terbaik untuk penjaga gawang Jerman.

 

Luka Modric

Selain itu, ada pemain tengah andalan Kroasia dan hampir menang pada Piala Dunia 2018 Rusia silam, Luka Modric akan mencoba untuk terakhir kalinya membawa trofi emas dari Qatar tahun ini.

Gelandang Real Madrid itu akan berlaga di Piala Dunia terakhirnya karena usianya yang sudah 37 tahun memaksanya untuk gantung sepatu dalam beberapa tahun lagi.

 

Benzema dan Giroud

Setelah mendapatkan penghargaan Ballon d’Or dan membawa Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018 Rusia. Sudah menjadi pencapaian terbaik bagi Karim Benzema sebagai penyerang. Usianya yang sudah 34 tahun, maka tidak mustahil kalau Piala Dunia 2022 akan menjadi yang terakhir untuknya.

Selain Benzema, ada striker Prancis lainnya, Olivier Giroud. Meski berusia 36 tahun, dirinya musim lalu dan musim ini bersama AC Milan, cukup moncer. Ia mencetak 16 gol dari 46 partisipasinya untuk AC Milan. Bahkan kini, ia sudah mencetak 5 gol dari 13 kali penampilannya. anlyst/sky/brfootball/dfb/rmc