Milenial Harus Paham Pancasila

Refi Ahmad Z.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya- Pancasila Sudah menjadi dasar Negara Indonesia yang wajib dipahami dan dilaksanakan. Saking pentingnya Pancasila, Pancasila selalu ada dalam pelajaran dari bangku sekolah dasar hingga perkuliahan.

Hal ini membuat Refi Ahmad Z selaku Ketua GMNI Surabaya berpendapat bahwa kaum milenial yang duduk di bangku universitas seharusnya sudah mampu melaksanakan dan memahami nilai - nilai Pancasila.

"Siapapun yang belajar (Pancasila) harusnya dapat memahami, melaksanakan, dan mensosialisasikan pancasila untuk kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Refi, Minggu (30/5/2021).

Ia berpendapat, mahasiswa memiliki bekal lebih guna mensosialisasikan Pancasila di kehidupan bermasyarakat. Ia memberi contoh mahasiswa yang mengikuti organisasi di luar dan di dalam kampus mempelajari pancasila hingga mengerucut. Sehingga, sudah seharusnya mahasiswa mampu mensosialisasikan pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Banyak tugas yang jadi beban kaum milenial utamanya yg mengenyam bangku pendidikan untuk terus bergerak memberikan contoh dan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang poin poin kehidupan bernegara dengan Pancasila,"tukas Mahasiswa FISIP Unair ini. Tetapi, mensosialisasikan pancasila hingga ke lapisan masyarakat paling bawah juga tidak semestinya menjadi beban tunggal mahasiswa. Beban ini harusnya juga dipikul oleh pejabat negara utamanya pejabat yang menjadi role model masyarakat.

"Banyak sekali pemuda Surabaya yang menjadikan elit nasional sebagai contoh mereka. Tapi kenyataannya juga banyak yang salah contoh. Nah Itu menjadi dampak yg luar biasa untuk masyarakat. Sehingga, banyak masyarakat menjadi tak paham tentang makna pancasila," imbuh Mahasiswa FISIP Unair tersebut.

Refi mengatakan, sejatinya mahasiswa mampu membuat pola gerakan sendiri untuk bisa terus mensosialisasikan Pancasila. Walaupun di masa pandemi, bukan berarti kegiatan untuk berdiskusi harus berhenti. Mahasiswa dituntut kreatif untuk terus bergerak dan menjalankan perannya untuk terus mensosialisasikan Pancasila.

"Dengan banyaknya media dan aplikasi jaringan pemuda Surabaya harusnya tidak kehabisan akal untuk terus berdiskusi dan berkolaborasi agar nilai nilai pancasila tidak hilang. Sehingga milenial mampu mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat,"tegas Refi. ang