Miliki Gerai UMKM, DWP Lamongan Bangkit dari Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Nov 2021 16:20 WIB

Miliki Gerai UMKM, DWP Lamongan Bangkit dari Pandemi

i

Bupati bersama istri saat melihat langsung produk UMKM yang ada di gerai usai resmi di launching. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Kurang lebih dua tahun ini sektor ekonomi yang bersumber dari UMKM di Lamongan lumpuh akibat pandemi covid -19. Untuk menggerakkan kembali  perekonomian, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lamongan miliki gerai UMKM sebagai motor penggerak untuk bangkit dari pandemi.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Gerai yang berisikan berbagai macam jenis hasil karya dan usaha pelaku UMKM itu, Rabu (10/11/2021) resmi dioperasikan, setelah di launching oleh bupati Yuhronur Efendi di sayap barat lantai dasar Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Ada sekitar 22 produk dari berbagai UMKM dipamerkan , mulai dari batik khas Lamongan, sarung tenun, songkok, tas, hingga jajanan hasil inovasi UMKM Lamongan turut memeriahkan launching gerai. "Gerai ini sebagai pionir strategi pemasaran sebagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," ungkapnya.

Apalagi lanjutnya, selama ini kabupaten Lamongan ini sering menjadi jujukan Kabupaten/kota lain untuk melakukan berbagai studi referensi. Beberapa kali ada kunjungan dari daerah-daerah lain, bingung mencari pusat oleh-oleh. Maka keberadaan Gerai UMKM Dharma Wanita ini begitu penting keberadaannya untuk UMKM apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Karena selama ini UMKM memberi sumbangsih cukup besar untuk kelangsungan perekonomian Lamongan, untuk itu Beliau terus menggelorakan berbagai gerakan seperti #AyoDitumbasi, #AyoBeliProdukLamongan hingga gerakan #AyoJajan. Hal ini tentu sebagai upaya pemulihan serta peningkatan ekonomi UMKM di Lamongan.

“Semua pemimpin daerah berlomba-lomba bagaimana cara memulihkan ekonomi, dan di Kabupaten Lamongan Alhamdulillah lebih cepat dalam pemulihan. Karena apa?  Karena basis kita adalah pertanian dan UMKM,” imbuhnya.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh Nalikan mengungkapkan, dengan keberadaan Gerai UMKM Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lamongan ini diharapkan memberikan motivasi kepada seluruh UMKM lainnya  untuk semangat dalam berinovasi dan produksi.

“Setelah terkontraksi dengan adanya pandemi Covid-19, dimana pendapatannya banyak yang menurun, melalui support inilah, yaitu menjajakan berbagai produk UMKM yang dimotori oleh ibu-ibu Dharma Wanita, kita dapat memberikan kontribusi, membantu penjualan  para UMKM,” ungkap Nalikan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU