Minum Air Lemon Setiap Sahur, Turunkan Kadar Asam Urat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Apr 2021 08:51 WIB

Minum Air Lemon Setiap Sahur, Turunkan Kadar Asam Urat

i

Air lemon. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Air lemon disebut mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga bagi penderita asam urat dianjurkan meminum air lemon setiap sahur. Sakit asam urat muncul saat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi dan ini dapat menyebabkan kerusakan sendi hingga masalah ginjal.

Asam urat atau gout merupakan sejenis artritis yang menyebabkan nyeri dan kekakuan pada persendian penderitanya. Faktanya, penyakit ini merupakan jenis radang yang paling umum diderita pria.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Kadar asam urat yang tinggi akan membantuk kristal tajam yang terkumpul di jempol kaki dan sendi lainnya. Gejala berupa nyeri dan bengkak.

Berdasarkan Healthline, salah satu 'pengobatan rumahan' yang dapat dicoba untuk mengatasi asam urat adalah air lemon. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa air lemon dan ekstrak lemon dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Dalam studi tersebut orang yang menderita asam urat meminum air lemon segar setiap hari selama enam minggu. Setelah waktu tersebut, semua kelompok menunjukkan kadar asam urat yang lebih rendah.

Studi tersebut menyimpulkan air lemon dan ekstrak lemon mungkin menjadi obat yang berguna untuk mengobati asam urat bersama dengan obat-obatan dan perubahan pola makan lainnya. Air lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar asam urat karena membuat tubuh lebih basa. Artinya, sedikit menaikkan tingkat pH darah dan cairan lainnya.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Sedangkan bukti lainnya pada penelitian yang terbit di British Medical Journal menunjukkan minum air lemon dapat membuat tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat. Mineral ini akan mengikat asam urat dan memecahnya menjadi air serta senyawa lain. Proses tersebut membuat darah kurang asam sehingga menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Meski begitu, tidak diketahui apakah air lemon kemasan akan memiliki efek yang sama seperti air lemon segar. Dosis ekstrak lemon untuk mengobati asam urat juga belum ditentukan. Selain itu, penelitian tidak mencatat efek air lemon pada gejala asam urat, yang merupakan faktor penting bagi penderitanya.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup sediakan lemon segar dua buah. Lalu cuci dan peras lemon menggunakan alat pemeras. Setelah selesai diperas, minum sari lemon secara langsung atau dapat dicampur dengan air.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Minum air lemon setiap hari secara rutin dan saat puasa diminum saat sahur. Selain mengonsumsi sari lemon, ada baiknya juga menghindari konsumsi makanan dan minumam tinggi purin untuk menurunkan kadar asam urat. Dsy4

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU