Minum Susu Sebelum Tidur Tingkatkan Kualitas Tidur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Jul 2021 11:27 WIB

Minum Susu Sebelum Tidur Tingkatkan Kualitas Tidur

i

Aktifitas rutin minum susu Sebelum tidur. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan kecemasan dan menjadi lebih santai sebelum tidur. Satu cangkir susu susu murni mengandung beragam nutrisi, yakni kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, kalium, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium, dan B12.

Susu mengandung hormon melatonin serta asam amino tritofan. Keduanya berdampak positif terhadap mood serta membuat kita lebih mudah memasuki siklus tidur. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa keduanya membantu menurunkan kecemasan serta gejala depresi yang biasa muncul sebelum tidur.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Tritofan juga diketahui mampu membantu tubuh manusia melepaskan serotonin yang meredakan kecemasan serta membuat tubuh menjadi lebih santai. Selain itu, melatonin membantu mengatur ritme sirkadian dan mengirim sinyal ke dalam otak untuk masuk dalam kondisi tidur.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Sejumlah pakar juga mengungkap bahwa konsumsi susu sebelum tidur memiliki dampak psikologis yang membantu kebiasaan ini. Karena konsumsi susu sebelum tidur bisa membuat kita merasa tenang, maka selanjutnya hal ini menjadi kebiasaan agar kita bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Selain itu, susu juga membantu menjaga ketahanan tubuh. Ini berkat kandungan susu dari magnesium yang membuat sistem saraf berfungsi optimal dan membantu mengurangi rasa lelah karena aktivitas yang dilakukan seharian. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU