Miss Universe Switzerland Ikut Peringati HUT Tulungagung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Nov 2022 19:33 WIB

Miss Universe Switzerland Ikut Peringati HUT Tulungagung

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Puncak peringatan HUT ke-817 Tulungagung dimeriahkan kehadiran Miss Universe Switzerland. Ia akan berkolaborasi dalam tarian reog kendang.

Baca Juga: Bupati Tulungagung Terima Penghargaan Sebagai Pembina Koperasi Andalan di Hari Koperasi ke 76

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Tulungagung Achmad Mugiyono, mengatakan rangkaian peringatan hari jadi dimulai dengan upacara di kantor pemkab.

Selanjutnya para pejabat pemerintah bersama Miss Universe Switzerland Alia Guindi akan bergerak menuju Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa dengan menaiki delman.

"Di pendapa akan dilanjutkan dengan prosesi adat Bersih Nagari," kata Achmad Mugiyono, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya rangkaian upacara adat tidak mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Namun pada hari ini akan ditampilkan hiburan berupa tari reog kendang.

"Nanti akan ada ratusan penari yang berkolaborasi dengan Miss Universe Switzerland," jelasnya.

Bupati Maryoto Birowo, berharap ulang tahun Tulungagung membawa keberkahan bagi kepada seluruh komponen masyarakat. Salah satu yang menjadi harapan besar adalah kemajuan perekonomian, karena dua tahun berturut-turut telah hajar oleh pandemi COVID-19.

"Harapannya harus terjadi transformasi ekonomi. Dimana percepatan pembangunan yang 5.5 itu kan transformasi ekonomi. Sekarang ini batik sudah mulai berkembang, handycraft kemudian kerajinan batu anyam-anyaman sampai pada onyx dan marmer dan sebagainya," kata Maryoto Birowo.

Pihaknya mengklaim berbagai upaya dilakukan untuk menggenjot pemulihan perekonomian pascapandemi. Bahkan pihaknya kali ini tengah mengatur strategi untuk kembali menggairahkan sektor UMKM termasuk industri onyx dan marmer.

"Pengusaha-pengusaha kemarin juga sudah saya kumpulkan terkait produk-produk ekspor. Kita optimis bangkit," jelasnya.

Hari ini Tulungagung genap berusia 817 tahun. Hari jadi Tulungagung ditetapkan pemerintah daerah melalui Perda No 27 Tahun 2002 Tentang Hari Jadi Tulungagung.

Penetapan hari jadi berkiblat pada Prasasti Lawadan di Desa Wates, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Prasasti tersebut merupakan peninggalan masa kerajaan Kadiri.

Baca Juga: Pemkab Tulungagung Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Utama

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU