Mitologi China Thean Hou Temple, Aula Pemujaan Dewi Laut Mazu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 02 Okt 2020 15:51 WIB

Mitologi China Thean Hou Temple, Aula Pemujaan Dewi Laut Mazu

i

Thean Hou Temple. SP

SURABAYAPAGI, China - Thean Hou Temple, bangunan yang digunakan untuk menyembah Dewi Laut Mazu dalam mitologi China. Kuil tempat wisata di Shenzhen ini selesai dibangun pada tahun 1410. Pembangunan kuil ini tidak lepas dari sejarah kekaisaran di Cina. Khususnya saat Laksamana Zheng ditugaskan oleh Kaisar Zhu untuk berlayar ke barat.

Kuil ini memiliki desain seperti kuil-kuil pada umumnya, memiliki aula utama sebagai tempat pemujaan, dan pelataran yang luas. Pintu gerbang kuil ini memiliki pilar yang terbuat dari kayu, dengan cat berwarna merah cerah. Di atas pilar tersebut terdapat hiasan naga berwarna kuning keemasan.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Masuk Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, Selain Beribadah Juga Bisa Belanja

Setelah memasuki gerbang area kuil tempat wisata di Shengzhen ini, pengunjung akan menjumpai pelataran kuil yang cukup luas, dengan hiasan patung Dewi Laut dan Singa yang berada di depan kuil. Di depan patung Dewi Laut tersebut terdapat tempat untuk menancapkan dupa, sebagai simbol penghormatan kepada Dewi Laut

Pemandangan unik terlihat saat melihat pohon dengan kain-kain merah yang diikatkan pada ranting-ranting pohon tersebut. Pohon tersebut merupakan Pohon Pengharapan. Masyarakat setempat percaya bahwa pohon tersebut dapat mengabulkan keinginan dan harapan mereka.

Kuil Thean Hou Shenzhen ini dibuka untuk umum dan hanya dikenakan 10 yuan untuk kunjungan.

Museum Shenzhen Nanshan Thean Hou (Kuil Chiwan Tin Hau), Pada Mei 1992, di bawah perawatan langsung dari para pemimpin Pemerintah Pusat yang relevan, Kuil Chiwan Tianhou dipulihkan dan dibuka untuk umum pada tahun 1995.

Baca Juga: Wujudkan Pariwisata Berkualitas, Bali Era Baru Genjot Sektor Industri Dirgantara

Museum Nanshan Thean Hou dari Kota Shenzhen disetujui oleh pemerintah provinsi dan kota untuk menjadi salah satu dari delapan museum di Shenzhen pada tahun 1997.

"Teluk Chiwan" yang berpusat di Kuil Thean Hou menjadi pemandangan pertama di Eight Views of Xin'an selama Dinasti Ming dan Qing. Ada puluhan bangunan dan lebih dari 120 rumah di puncak Kuil Chiwan Thean Hou, seluas lebih dari 900 hektar.

Dengan kuil-kuil megah dan pemandangan indah, kuil ini adalah Kuil Thean Hou terbesar dengan 99 gerbang di wilayah pesisir Cina. Ini juga merupakan lanskap budaya paling bergengsi dalam sejarah Shenzhen. Ia menikmati reputasi lama di Hong Kong, Makau, dan negara-negara Tenggara.

Baca Juga: Dongkrak Wisata ‘Sport Tourism’, Kemenparekraf Galakkan Olahraga Air di Indonesia

Shenzhen Chiwan Thean Hou Temple, yang terletak di kaki bukit kota Shenzhen di Selatan melawan gunung dan laut, pemandangan yang indah.

Dinasti Song mulai membangunnya dan menciptakan momentum yang luar biasa. Dinasti Ming dan Qing berkembang menjadi skala besar dan menjadi kuil terpenting di Cina. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU