Mobil Ambulan Pengangkut Vaksin, Terguling di Jalan Tanjakan

Mobil ambulan Dinkes Kab Blitar nopol AG 8031 DP yang terbalik dievakuasi petugas. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Mobil Ambulan Dinkes Kabupaten Blitar yang mengangkut obat vaksin yang rencananya untuk digunakan vaksinasi massal terguling di tepi jalan Desa Tumpak Oyot Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar pukul 08.10 WIB.

Akibat tergulingnya ambulan tersebut,  obat vaksin yang disimpan di box pendingin berhamburan keluar dari ambulan.

Kejadian itu dibenarkan oleh Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi pada wartawan seijin Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela,  menurut AKP Imam Subechi, ketika ambulan yang mengangkut beberapa cool box (box pendingin) yang berisi obat vaksin tergelincir di sisi selatan jalan di Desa Tumpak Oyot.

"Saat jalanan menanjak tajam, mobil ambulan yang dikemudikan saudara Kukuh tidak bisa dikendalikan ketika ambulan akan melewati belokan, karena rem mobil tidak berfungsi, memang tidak ada pengawalan," terang Imam Subechi, Kamis (10/6).

Mobil ambulan yang ditumpangi dua petugas Puskesmas Kec Bakung yang dikemudikan Kukuh (31) meninggalkan puskesmas pukul 07.30 WIB menuju sasaran untuk membagikan vaksin. Saat sampai di jalan tanjakan dan tikungan di Desa Tumpak Oyot, rem mobil ambulan tidak berfungsi, karena takut   mobil kembali turun, oleh pengemudi di arahkan sisi jalan, karena laju mobil kencang akhirnya mobil ambulance terguling  bersama tiga petugas.

Sementara Kabid Pelayanan Kesehatan Kantor Dinkes Kabupaten Blitar dr.Cristien Indrawati, mengatakan, seluruh vaksin yang disimpan di cool box aman dan tidak ada satupun yang terjatuh dari box.

"Seluruh cool box yang berisi vaksin aman, karena cool box sangat kuat dengan benturan, untuk 2 petugas dan pengemudi ambulan selamat, kini kita suruh kembali ke puskesmas untuk istirahat, selanjutnya kita menunggu mobil lain untuk meneruskan pemberian vaksin," kata dr Cristien di TKP pada wartawan. Les