Modeling Berprestasi yang Pernah Ditolak Audisi karena Warna Kulit

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Mei 2021 11:05 WIB

Modeling Berprestasi yang Pernah Ditolak Audisi karena Warna Kulit

i

Aura Kharisma. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Aurra Kharisma yang memiliki nama lengkap sebagai Kharisma Aura Islami sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Miss Grand International 2020. Meski tak membawa mahkota kemenangan, namun ia berhasil masuk Runner-Up ke-3.

Dia adalah mahasiswa jurusan  Public Relation di Universitas Mercu Buana. Aura bergabung dengan agensi model Posture Management dan berhasil meraih berbagai macam prestasi.

Baca Juga: Pegiat Lingkungan yang Gencar Edukasi Para Milenial Blitar

Aurra Kharisma mulai terjun di dunia modeling sejak 2014 saat masih berusia 14 tahun. Sebenarnya, sang ibu yang mendorong Aurra untuk menjadi seorang model agar terlihat lebih feminin.

"Waktu kecil, aku anaknya tomboy banget sampai nggak mau pakai rok. Mainnya playstation dan teman-temanku yang cewek bisa dihitung dengan jaring," jelasnya, Rabu (19/5/2021).

Kesuksesan yang diraihnya saat ini bukanlah hasil sebuah proses instan. Banyak jalan berliku yang harus ia lalui. Penolakan pun sempat mewarnai perjalanan karier Aurra sebagai model.

Berbagai kompetisi model dijajalnya dan membuahkan hasil yang cukup membanggakan. Di ajang Face of Indonesia 2014, Aurra Kharisma menyabet gelar runner-up 2. Tak ketinggalan, Asia Model Festival, kontes mode berskala internasional yang diadakan di Korea Selatan.

Di Korea Selatan, dalam ajang Asia Model Festival, mendapat pengakuan sebagai pendobrak standar kecantikan yang persepsi umumnya adalah berkulit putih. Aura dengan kulit sawo matang khas wanita Indonesia meraih penghargaan Genesis Best Beauty Skin di festival tersebut.

Baca Juga: Punakawan Petruk Ajak Anak Cintai Lingkungan Hidup

Pengalaman tersebut lantas membuka pintu bagi anak pertama dari tiga bersaudara ini untuk mencicipi karier modeling di mancanegara. Namun, kiprahnya tak selalu berjalan mulus.

Ada juga pengalaman yang masih terbekas bagi Aura Kharisma yaitu saat mengikuti audisi di luar negeri. Betapa tidak, Aurra Kharisma yang kala itu masih 17 tahun ditolak mentah-mentah karena perihal warna kulitnya yang dianggap terlalu gelap.

"Padahal sudah antre dua jam. Aku sedih banget, usia 17 tahun, sendirian di negeri orang pula," kata wanita berkulit sawo matang itu.

Penolakan tersebut sempat menciutkan rasa percaya dirinya. Bahkan, ia sempat membenci dirinya sendiri sebelum akhirnya berusaha bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga: Pantang Mundur Lestarikan Mata Air Hingga Jadi Lokasi Wisata

"Dari situ aku sadar kalau kita harus nyaman dengan diri kita sendiri. Kita menerima segala kelebihan dan kekurangan diri, tapi tetap harus improve," katanya.

Menjadi cantik, lanjut Aurra Kharisma, bukan soal penampilan fisik. "Cantik itu harus dari hati. Kalau inner-nya cantik, it will show your outer beauty," tambah anak didik Ivan Gunawan di bawah naungan Yayasan Dunia Mega Bintang. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU