Moderasi Beragama, Formagam Bersilaturahim dengan Kemenag Gresik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Jan 2021 14:56 WIB

Moderasi Beragama, Formagam Bersilaturahim dengan Kemenag Gresik

i

Kakan Kemenag Gresik Markus saat menerima pin Formagam dari seorang pengurusnya. SP/ M. AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Terjadinya gesekan sosial akibat perbedaan cara pandang masalah keagamaan kerap dapat mengganggu suasana rukun dan damai yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Untuk memperkuat rasa toleransi tersebut, sejumlah aktivis keberagaman yang tergabung dalam Forum Masyarakat Gresik Pecinta Keberagaman (Formagam), bersilaturahim dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Gresik Markus, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Ketua Formagam, Djoko Pratomo mengatakan kegiatan silaturahim ini bertujuan memperkuat komitmen moderasi keagamaan bersama pemerintah dalam rangka membentengi diri dari sikap-sikap intoleransi.

“Kita menjalin silaturrahim dengan Kemenag Gresik dalam rangka sinergi penguatan nilai-nilai toleransi dan persaudaraan antar umat beragama, dari masyarakat pecinta keberagaman,” kata Djoko.

Dijelaskan Djoko, selama 5 tahun berdiri, Formagam selalu tegak lurus menjaga kebhinnekaan bersama semua komponen masyarakat dan pemerintah dengan menggelar berbagai kegiatan sosial. “Prinsip kita adalah umat. Jadi selama prinsip umat dijunjung pasti sejalan dengan kita,” tegasnya.

Sementara, Markus menyambut baik kegiatan silaturahim ini dan berharap bisa dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan susulan yang mampu menunjang keberagaman.

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

"Jadikan kita bersaudara sesama umat beragama, jaga Kebhinekaan sehingga kita semua saling menjaga kerukunan dan memberikan rasa damai di tengah masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Markus, Kementerian Agama bukanlah Kementerian Agama Islam saja, tetapi mencakup semua agama. Sehingga wilayah kerjanya tidak dibatasi oleh keyakinan dan kepercayaan tertentu.

“Terus pantau Kemenag. Apabila ada kekurangan mohon dikoreksi, apabila ada kelebihan mohon infokan ke yang lain,” harapnya.

Baca Juga: Pengusaha Pupuk Nekat Beroperasi di Lokasi Gudang Ilegal

Kegiatan silaturahim ditutup dengan deklarasi keberagaman yang dimpimpin langsung Kepala Kemenag Gresik.

Hadir mendampingi Ketua Formagam, perwakilan umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Penghayat Kepercayaan serta sejumlah pengurus Formagam lainnya. did

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU