Moeldoko Diisukan Direshuffle

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Rabu kemarin Jumpa Pers soal Reshuffle di Rumahnya, Bukan di Istana. Mantan Panglima TNI ini Mengaku ada Pihak yang Ingin Mengorbitkannya Maju Pilpres 2024

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko , diisukan akan di reshuffle bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Moeldoko angkat bicara soal isu itu. Dan ia menegaskan tidak tahu perihal isu tersebut.

"Ah nggak ngerti lah (reshuffle)," kata Moeldoko, saat jumpa pers di kediamannya di Jakarta Pusat, Rabu (3/2/2021).

Jenderal (Purn) Moeldoko, mengatakan, perombakan kabinet adalah urusan Presiden Jokowi. Dia pun meminta semua pihak untuk tidak berandai-andai.

"Itu urusan Bapak Presiden lah. Nggak usah, nggak ada, jangan mengira-ngira," tegasnya.

Moeldoko pun enggan membicarakan isu reshuffle tersebut lebih lanjut. Dia mengaku tidak mengerti perihal isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang sedang beredar saat ini.

"Sudah jangan tanya itu, aku nggak ngerti," kata Moeldoko.

 

Bersyukur bila Diorbitkan

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko juga mengaku tidak pernah berbicara soal pencalonan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, ia mengaku bersyukur bila ada pihak yang ingin mengorbitkan namanya. "Kalau urusan 2024, pernah kah saya bicara tentang (Pilpres) 2024? Tidak pernah, kalau yang diorbitkan di sana, ya alhamdulillah," katanya.

Moeldoko sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut soal pihak mana yang ia sebut ingin mengorbitkannya untuk 2024.

 

Tak ada Rencana Perombakan

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, menegaskan saat ini tidak ada rencana perombakan kabinet. "Tidak ada rencana reshuffle," kata Fadjroel kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Keterangan Fadjroel dan Moeldoko ini menanggapi penjelasan Immanuel Ebenezer, relawan Jokowi yang menyebut reshuffle jilid kedua Kabinet Indonesia Maju ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Reshuffle jilid 2. Katanya sih dekat-dekat ini," kata Ketum JoMan Immanuel Ebenezer atau Noel, Rabu (3/2/2021).

Noel mengatakan setidaknya akan ada 1 hingga 3 menteri yang akan di-reshuffle. Namun, dia tidak mengetahui rinci nama menteri yang akan di-reshuffle itu. "1 sampai 3," ucapnya.

 

Satu benar, Satu Salah

Informasi yang beredar, ada dua posisi yang bakal di-reshuffle, yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Ketua DPP PKB Faisol Riza menguatkan sinyal reshuffle itu, tapi tidak terjadi dalam waktu dekat.

"Tidak dalam waktu dekat. Tapi ada catatan," kata Faisol kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Faisol belum memberikan penjelasan lebih lanjut soal info reshuffle tersebut. Ia meminta masyarakat menunggu. "Ha-ha-ha... nanti saja kalau sudah lebih terang," katanya.

Faisol membenarkan salah satu dari dua info tersebut, tapi tidak menyebut pasti mana yang benar. "Satu benar, satu salah," ucapnya.

 

Jokowi Masih Tangani Covid-19

Fadjroel mengatakan saat ini Jokowi dan kabinetnya tengah fokus menangani pandemi Covid-19. Isu adanya reshuffle jilid kedua Kabinet Indonesia Maju ini mulanya diembuskan Immanuel Ebenezer atau Noel. Noel mengatakan akan ada 1-3 menteri yang akan di-reshuffle. Namun dia tidak mengetahui siapa nama menteri yang akan di-reshuffle itu. "Reshuffle jilid 2. Katanya sih dekat-dekat ini," ungkap Noel. n erc/jk/rmc