Moeldoko: Jangan Merasa Sehat, lalu Abaikan Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Sep 2020 22:00 WIB

Moeldoko: Jangan Merasa Sehat, lalu Abaikan Covid-19

i

Ketua KSP Moeldoko meninjau rapid test untuk Jurnalis di Gedung PWI Jatim, Kamis (3/9/2020).SP/PWI Jatim

 

KSP dan PWI Jatim Gelar Rapid Test Bagi 95 Jurnalis

Baca Juga: Pelantikan Pengurus PWI Jombang, Pentingnya Menjaga Kode Etik Jurnalistik

SURABAYA PAGI, Surabaya – Meski sudah berjalan enam bulan, pandemi Covid-19 di Indonesia, tak membuat pemerintah lengah. Kegiatan rapid test untuk mendeteksi dini adanya virus Covid-19 terus dilakukan. Seperti yang dilakukan Kantor Staf Presiden (KSP) RI dengan menggandeng organisasi wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Kamis (3/9/2020). Kegiatan rapid test ini diikuti antusias beberapa wartawan dan keluarga wartawan yang dilakukan di Gedung PWI Jatim.

Kepala KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mengatakan kegiatan tes cepat dengan menggandeng PWI Jatim ini salah satu tujuannya mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami berharap melalui teman-teman wartawan bisa terus mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Semua lapisan masyarakat harus memiliki tanggung jawab untuk mencegah penyebaran virus corona," kata mantan Panglima TNI era Presiden Jokowi di periode pertama, di Gedung PWI Jatim, Kamis (3/9/2020).

WhatsApp_Image_2020-09-03_at_21.58.33WhatsApp_Image_2020-09-03_at_21.58.33

Menurut Moeldoko, masyarakat harus terus mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker saat berkegiatan di luar rumah, jaga jarak fisik, dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan.

"Jangan sampai ada masyarakat yang tidak tahu dan merasa sehat, kemudian mengabaikan protokol kesehatan. Lalu ada juga masyarakat yang ternyata positif Covid-19, tapi membahayakan orang lain karena tidak mau melakukan isolasi," tambah Moeldoko yang beberapa saat sebelumnya menyempatkan diri berdiskusi dengan para pimpinan media di Surabaya.

Baca Juga: Bawaslu dan PWI Jatim Ajak Insan Pers Kawal Pemilu 2024: Jaga Independensi

Dalam kegiatan rapid test yang bekerjasama dengan KSP dan PWI ini, menggandeng Rumah Sakit (RS) Siloam Surabaya untuk rapid test Covid-19.

Moeldoko yang meninjau langsung kegiatan di Balai Wartawan A Aziz PWI Jatim, Surabaya, Kamis (3/9/2020), didampingi Ketua PWI Jatim Ainur Rohim dan sejumlah pengurus lainnya.

WhatsApp_Image_2020-09-03_at_21.58.32WhatsApp_Image_2020-09-03_at_21.58.32

Dari data tim medis Siloam Hospital, tercatat sebanyak 95 orang jurnalis dan karyawan dari berbagai media cetak, elektronik, dan online yang berkantor di Surabaya ambil bagian pada kegiatan tes cepat ini.

Baca Juga: PWI Sumenep Gandeng KPU dan Bawaslu Kampanyekan Pemilu Damai

"Dari 95 orang yang ikut tes cepat, sebanyak 91 orang hasilnya non-reaktif dan empat orang reaktif. Mereka yang hasil tes cepatnya reaktif segera ditindaklanjuti dengan swab test PCR untuk memastikan yang bersangkutan positif Covid-19 atau tidak," kata Ketua PWI Jatim Ainur Rohim usai kegiatan tes cepat.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tes cepat kerja sama dengan KSP ini sebagai salah satu upaya deteksi dini pencegahan COVID-19 di kalangan jurnalis. "Wartawan atau jurnalis sangat rentan tertular virus corona karena sering berinteraksi dengan banyak orang. Tes cepat ini salah satu upaya kami mengantisipasi penyebaran virus corona di kalangan jurnalis dan keluarganya," tambah pria yang akrab disapa Cak Air itu.

Ini merupakan kali kedua PWI Jatim mengadakan tes cepat Covid-19 bagi para jurnalis, setelah kegiatan pertama berlangsung sekitar satu bulan silam di Balai Wartawan PWI Jatim. Rmc

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU