Motor Warga Raib Digondol saat Shalat Subuh

Tangkapan layar CCTV masjid yang menunjukkan pelaku membawa kabur motor korban.

 

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Motor Honda Beat milik Ali Muchbir (58) warga Latek, Pasuruan raib digondol kawanan pencuri. Peristiwa tersebut terjadi saat korban tengah khusyuk menunaikan ibadah shalat subuh di Masjid Baitul Muttaqin, Senin (26/4).

Aksi pelaku yang diketahui berjumlah dua orang itu terekam kamera CCTV masjid.

Korban mengungkapkan, dirinya baru mengetahui motornya raib usai menunaikan shalat subuh. Saat dilihat dari CCTV masjid terlihat dua orang mencuri motor miliknya.

“Yang satu ikut salat shubuh, kira-kira pas qunut, yang satu di luar, mungkin jaga-jaga,” tutur Ali, saat ditemui di Masjid Baitul Muttaqin.

Dikatakan Ali, jamaah masjid lain tidak menaruh curiga sebelumnya kepada dua pelaku. Lantaran, keduanya memakai sarung dan kopyah.

Bahkan, keduanya, kata Ali, sempat berbaur dengan jamaah sebelum menunaikan salat. Namun, ternyata keduanya adalah pencuri.

Sementara itu, peristiwa ini bukan kali pertama terjadi di masjid tersebut. Posisi masjid yang berada di tepi jalan nasional Bangil-Pasuruan disebut menguntungkan pelaku pencurian.

“Belum ada setahun, pernah motor. Sama kayak tadi, pas subuh,” bebernya.

Tak hanya motor, di masjid ini juga seringkali terjadi aksi pencurian kotak amal. Maka dari itu, Ali yang juga pengurus takmir masjid setempat memasang tanda sering terjadi pencurian.

“Sudah saya lapor ke Polsek tadi,” tandasnya.

Sementara Kapolsek Bangil Kompol Indro Susetiyo membenarkan telah terjadi tindak pencurian di masjid tersebut. Pihaknya, segera menindaklanjuti tindak pidana pencurian dengan pemberatan ini.

“Sudah ada laporan ke kami, akan kami selidiki lebih lanjut. Namun yang pasti, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan. Mengingat menjelang Idul Fitri, terjadi peningkatan Curat dan Curas,” kata Susetiyo, di Mapolsek Bangil.