MPP Banyuwangi Membuka Layanan One Stop Service

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Okt 2022 19:53 WIB

MPP Banyuwangi Membuka Layanan One Stop Service

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Selama empat hari Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi membuka layanan One Stop Service mulai pagi hingga malam hari, sejak Rabu hingga Sabtu (5-8/10/2022). 

Layanan ini merupakan rangkaian Festival Pelayanan Publik (FPP). Masyarakat bisa memanfaatkan layanan untuk mengurus berbagai layanan publik yang diperlukan. Seperti administrasi kependudukan, perijinan, pembayaran PBB, hingga pemeriksaan kesehatan dasar.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

Layanan instansi vertikal juga tersedia, seperti bea cukai, Samsat, Pudam, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Kantor Pajak, serta BPOM.

Lebih dari itu, festival ini juga menyajikan layanan donor darah hingga vaksinasi covid-19. Semua layanan ini akan dibuka mulai pukul 08.00-22.00.

“Ayo manfaatkan kesempatan ini. Masyarakat yang waktunya terbatas di siang hari, bisa mengurus keperluannya di malam hari. Semuanya gratis,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Festival Pelayanan Publik merupakan bagian dari agenda Banyuwangi Festival 2022. Event ini rutin digelar sejak 2016 untuk memacu kualitas pelayanan publik di daerah.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

“Banyuwangi terus berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Lewat festival ini kami ingin memacu birokrasi untuk terus berinovasi mewujudkan layanan publik yang semakin prima. Misalnya, dengan membuka layanan hingga malam hari,” terang Ipuk.

Selain menyajikan layanan publik “One Stop Service”, event ini juga menyajikan berbagai produk UMKM lokal. Mulai kuliner, batik, kerajinan tangan, dan masih banyak lainnya.

“Sekali merengkuh dayung dua pulau terlampaui. Sambil menunggu urusannya selesai, warga bisa bersantai atau berbelanja aneka produk UMKM. Ini akan membantu UMKM kembali bangkit,” ujar Ipuk.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Konsisten Gelar Festival Patrol

Dalam optimalisasi pelayanan publiknya, Banyuwangi telah meluncurkan Mal Pelayanan Publik sejak 2017 lalu. Ini merupakan tempat pelayanan terpadu di mana semua pengurusan dokumen dilakukan di satu tempat tersebut.

Saat ini, Mal Pelayanan Publik telah melayani 247 jenis pelayanan kepada masyarakat dalam satu atap. Mulai layanan administrasi kependudukan seperti Akte Kelahiran, Kematian, Kartu Identitas Anak, KTP.

Selain itu ada beragam jenis izin usaha, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PUDAM, pelayanan izin terkait kendaraan, perpanjangan SIM,hingga pembayaran retribusi daerah, nikah, haji, pelayanan pertanahan, BPOM, Bea Cukai, dan sebagainya. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU