Mudik Lebaran 2022, Dirlantas Polda Jatim akan Terapkan E-TMG

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Apr 2022 16:22 WIB

Mudik Lebaran 2022, Dirlantas Polda Jatim akan Terapkan E-TMG

i

Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno saat menjelaskan rencana rekayasa jalan kepada rombongan Dirlantas Polda Jawa Timur. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Mudik lebaran tahun 2022, jajaran  Direktorat lalu lintas (Dirlantas) Polda Jatim akan menerapkan Electronic Tactical Map Game (E-TMG), untuk memberikan rasa aman dalam penerapan rekayasa jalan apabila terjadi kemacetan yang disiapkan dalam bentuk digital.

Hal itu disampaikan oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, saat meninjau Pos Pelayanan maupun Pengamanan di Terminal Lamongan, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Gelontorkan Rp 15,3 Miliar untuk Subsidi Tiket Kapal, Kemenhub: Tahun Ini Ada Kenaikan

Disebutkan olehnya, berbagai upaya Dirlantas Polda Jatim  dilakukan, karena beberapa hari kedepan mudik lebaran akan dilaksanakan, dan pihaknya mengecek berbagai kesiapan untuk memastikan pemudik akan aman dan lancar saat mudik lebaran.

"Hari ini kami mengecek jalur arteri yang akan dilintasi pemudik dan memastikan bahwa rekayasa jalan sudah disiapkan oleh pos jajaran apabila terjadi kemacetan." ungkap Kombes Latif menerangkan.

 

Baca Juga: 31 Juta Orang Diprediksi Mudik ke Jatim

Saat di Pos Pelayanan kali ini, Dirlantas mengecek  beberapa fasilitas yang disiapkan dari Pos ini diantaranya adalah ngopi gratis untuk pemudik, bengkel gratis untuk pemudik, serta gerai vaksin booster. 

Disamping pelayanan kepada masyarakat ada beberapa unggulan yang disiapkan Pos pelayanan terminal Lamongan dalam menghadapi lonjakan arus mudik, yang dipaparkan oleh Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno, diantaranya adalah Panel Data Digital untuk memastikan kesiapan dan langkah yang harus dilakukan anggota, TMC (Traffic Management Center) berupa CCTV di daerah rawan macet, dan E-TMG (Electronic Tactical Map Game) merupakan rekayasa jalan apabila terjadi kemacetan yang disiapkan dalam bentuk digital. 

Baca Juga: Polda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

"Tentunya dengan E-TMG ini bisa membantu proses rekayasa jalan untuk membantu kelancaran arus mudik dan ini (E-TMG) secara real time bisa melihat kepadatan arus lalu lintas karena terkoneksi langsung dengan google maps." pungkas Kombes Latif

Terpisah Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengungkapkan bahwa Pos Pam dan Pos Yan ini dibangun untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pemudik. "Kami terjunkan personel dengan pola KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan) sebelum ops ketupat dimulai untuk memastikan masyarakat yang mendahului mudik bisa tetap terlayani keamanan dan kenyamanan di jalan." kata Miko panggilan akrab Kapolres Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU