Muhammadiyah Gresik Siapkan 150 Kader untuk Divaksin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Mar 2021 11:11 WIB

Muhammadiyah Gresik Siapkan 150 Kader untuk  Divaksin

i

Muhammad Harun. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Centre (MCCC) menyiapkan 150 relawan untuk menjalani vaksinasi tahap I yang digelar, Kamis (11/3/2021) besok.

Pelaksanaan vaksinasi yang akan digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) di kompleks Perumahan Bunder Asri Gresik ini melibatkan anggota dan pimpinan PDM dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan organisasi otonom (ortom) se-Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

“Sebetulnya yang kami ajukan ke Dinas Kesehatan cuma 100 orang, tapi yang mendaftar di luar dugaan, lebih dari 150 orang. Itu pun sudah kami stop pendaftarannya karena animomya sangat besar. Berapa jumlah vaksin yang akan diberikan, itu bergantung pihak Dinkes.

Insya Allah Rabu (10/3/2021) hari ini sudah ada jawaban berapa kepastiannya,” ujar Sekretaris MCCC Gresik, Muhammad Harun, Rabu (10/3/2021).

Dikatakan, jumlah pendaftar vaksinasi yang mencapai 150 orang lebih itu sudah dikonsultasikan ke Dinkes Gresik. Diharapkan, semunya bisa terlayani sebagai bentuk dukungan dan kepedulian Muhammadiyah terhadap program vaksinasi.

Hal itu, lanjut Harun, karena sebelumnya pihaknya mengajukan kuota cuma untuk 100 orang. Namun, sekali lagi ia menegaskan, kewenangan penetapan kuota vaksin berada di institusi resmi pemerintah, dalam hal ini Dinkes Gresik.

“Kami berharap, semuanya bisa terakomodasi. Tapi kalau misalnya tidak sampai 150, mau tidak mau akan ada seleksi,” kata Harun, seraya menambahkan, di antara parameter yang dijadikan acuan, calon peserta vaksinasi harus ber-KTP Gresik.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Tentang sasaran vaksinasi, sambung Harun, selain dari jajaran PDM dan unsur pembantu PDM dan Ortomnya, serta cabang di kecamatan-kecamatan, juga melibatkan jajaran Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gresik.

Ia pastikan, jumlah peserta vaksinasi akan terus bertambah, karena pada tahap pertama ini, targetnya baru unsur pimpinan dan anggota PDM/PDA.

Sementara Ketua MCCC Gresik, Hilmi Aziz,menambahkan, warga Muhammadiyah Gresik, sebagaimana arahan Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah (PWM Jatim, Red) mendukung dan siap berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi.

Hal itu sebagai upaya memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

“Tidak hanya dukungan moril, tetapi sekaligus partisipasi sebagai peserta vaksin. Kami sudah sosialisasi ke cabang-cabang akan menyukseskan vaksinasi ini,” ujar Hilmi.

Dikatakan, PDM Gresik, melalui MCCC siap mengawal pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya meminimalkan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Karena itu, pihaknya terus menyosialisasikan vaksinasi, termasuk kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan, hingga ke tingkat ranting (desa).

“Sudah menjadi komitmen Muhammadiyah untuk mendukung program pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-10,” tandasnya. did

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU