Mulai 2024, Pertalite Bersubsidi Diganti Pertamax Green 92, Berapa Harganya?

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 31 Agu 2023 13:33 WIB

Mulai 2024, Pertalite Bersubsidi Diganti Pertamax Green 92, Berapa Harganya?

i

Pertalite Bersubsidi Diganti Pertamax Green 92 mulai tahun 2024. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pertamina sebentar lagi akan menghapuskan (BBM) Pertalite bersubsidi mulai tahun depan 2024 dan menggantinya dengan Pertamax Green 92 yakni BBM yang dicampur dengan etanol atau E7 sebanyak tujuh persen. 

Diketahui, jika Pertalite benar-benar ditiadakan, maka Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM gasoline, yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

Baca Juga: Ahok, Mulai Ngeluh Bekerja di BUMN

Atas kebijakan tersebut, Direktur Utama PT Pertamina Nicke berharap pengenaan bea untuk produk etanol dihapus, lantaran produk etanol selama ini dikategorikan sebagai produk alkohol sehingga masih dikenakan bea cukai. 

"Kita masih belum memikirkan keuntungan karena masih ada penerapan bea cukai Rp 20.000," ujar Nicke. "(Sementara) ini tidak digunakan untuk alkohol tapi untuk energi," tambahnya.

Nicke menjelaskan rencana tersebut bagian dari Program Langit Biru tahap kedua. Menurutnya, kualitas Pertamax Green 92 lebih baik dibanding Pertalite.

"Kalau misalnya harga sama tetapi masyarakat mendapatkan (BBM) lebih baik dengan octan number lebih baik, sehingga untuk mesin juga lebih baik sekaligus emisinya menurun. Why not?," ungkapnya, Kamis (31/08/2023).

Meski begitu, Nicke menegaskan keputusan penggantian Pertalite menjadi Pertamax Green 92 ada di tangan pemerintah. Ia menyebut pergantian tersebut hasil kajian internal Pertamina yang akan diusulkan ke pemerintah.

Baca Juga: SPBU Kalianget Diminta Pertanggungjawaban Atas Pendistribusian BBM Solar ke Kepulauan

"Implementasinya tentu menjadi ranah pemerintah untuk memutuskan. Jadi, 2024 mohon dukungannya kami akan mengeluarkan lagi yang disebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite dicampur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," pungkasnya.

Sedangkan saat disinggung nominal harga Pertamax Green 92 tersebut, diperkirakan akan masuk kategori Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

"Ketika ini menjadi program pemerintah, Pertamax Green 92, harganya tentu regulated, tidak mungkin yang namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar, karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya," katanya.

Baca Juga: Pertamina International Shipping Tambah Armada Tanker, Targetkan Omzet Rp 92 T

Sebagai informasi, harga yang dipatok Pertamax Green 95 sebesar Rp13.500 per liter. Sementara untuk Pertamax Turbo 92 dibanderol Rp14.000 per liter.

SPBU Pertamina MT Haryono menjadi salah satu dari 15 SPBU yang akan menjual BBM ramah lingkungan ini pada tahap pertama. Sisanya, tersebar di sejumlah daerah di Jakarta dan Surabaya.

Jadi, bisa diperkirakan harga Pertamax Green 92 masih berada di bawah harga Rp13.500 per liter. Sebagaimana diketahui, saat ini harga BBM Pertalite Rp10.000. sb-06/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU