Muncul Gejala Rambut Rontok Parah Pasca Terinfeksi Covid-19

Rambut pasien Covid-19 yang mengalami kerontokan rambut. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gejala pada pasien Covid-19 memang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Salah satu yang biasanya terjadi adalah hilangnya indera penciuman atau yang biasa disebut anosmia.Tapi, belakang sejumlah besar orang melaporkan rambut rontok parah pasca-infeksi Covid-19.

Hal tersebut pun juga dilaporkan oleh Konsultan Dermatologis, Aster RV Hospital, J. P. Dr. Sneha Sood. Ia mengatakan, rambut rontok bukanlah efek samping yang tidak biasa.

"Ini karena tubuh telah mengalami serangan dan ada perubahan kimia dalam sistem saat tubuh mencoba melawan virus, itu dapat menyebabkan kerontokan rambut beberapa minggu setelah pemulihan dari Covid-19," jelas Dr, Sneha, Senin (9/8/2021).

Sementara itu, Dermatologis, Columbia Asia Hospital Sarjapur Road Dr. Deepa Krishna mengatakan bahwa kerontokan rambut hingga 100 helai per hari adalah normal. Rambut melewati siklus di mana yang merupakan siklus tumbuh dan siklus rontok.

"Covid-19 atau penyakit virus/demam memaksa lebih banyak rambut ke fase kerontokan karena peradangan dan stres dalam tubuh, yang disebut telogen effluvium," jelasnya.

Meskipun rambut dapat tumbuh kembali dengan sendirinya, kami merekomendasikan perawatan seperti suplemen rambut dan serum berbasis peptida untuk membantunya tumbuh lebih cepat. Selain itu, juga disarankan untuk mengikuti kebiasaan ini guna mendukung pertumbuhan rambut.

Hindari meminyaki rambut, pastikan memiliki cukup zat besi dalam makanan, perbanyak konsumsi makanan anti inflamasi seperti kacang-kacangan – almond, walnut, kacang rebus, biji-bijian seperti biji chia, sayuran berdaun hijau untuk membantu tubuh pulih dari virus, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh secukupnya, jika kerontokan rambut drastis dan mengarah ke botak, bicarakan dengan dokter kulit untuk diagnosis dan perawatan. Gunakan sampo bebas sulfat ringan, hindari panas berlebihan & perawatan kimia untuk rambut dan periksa masalah terkait ketombe dan obati segera. Dsy10