Muncul Ledakan 150 Juta Kupu-Kupu di Lembah Yunnan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Mei 2021 15:59 WIB

Muncul Ledakan 150 Juta Kupu-Kupu di Lembah Yunnan

i

Beberapa kupu-kupu yang muncul di lembah di Provinsi Yunnan, China barat daya. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Sekitar 150 juta kupu-kupu muncul pada hari Kamis, (20/5/2021) di sebuah lembah di Provinsi Yunnan, China barat daya, menjadikannya gelombang kupu-kupu terbesar di sini dalam satu dekade.

Dengan iklim yang hangat dan lembab sepanjang tahun, Lembah Kupu-Kupu di Honghe Hani dan Prefektur Otonomi Yi adalah rumah bagi lebih dari 400 spesies kupu-kupu.

Dari Mei hingga Juni setiap tahun, "ledakan kupu-kupu" yang spektakuler muncul di lembah saat ulat keluar dari kepompong dalam waktu singkat. Mereka muncul dalam kelompok di hutan dan di sepanjang aliran dan jalur, kata Yang Zhenwen, pengamat kupu-kupu di lembah, Jumat (21/5/2021).

Data pemantauan menunjukkan bahwa jumlah agregat kupu-kupu di tiga wilayah cluster utama di lembah diperkirakan lebih dari tiga kali lipat dari periode yang sama pada tahun 2020.

Fenomena tersebut hanya terjadi di Meksiko dan China Yunnan. “Lingkungan ekologi lembah sangat ideal untuk pengembangbiakan kupu-kupu, dan ada banyak daun bambu di sini yang menjadi makanan kupu-kupu,” kata Yang.

Ledakan kupu-kupu akan berlangsung selama sekitar 20 hari dan kemungkinan akan mencapai puncaknya antara 25 dan 28 Mei, tambahnya. Dsy17

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU