Musim Pembuka MotoGP 2023 akan Digelar di Portugal

Foto Ilustrasi MotoGP

SURABAYAPAGI.COM - Gelaran pembuka musim MotoGP 2023 akan digelar di Autodromo Internacional do Algarve atau yang biasa kita kenal sebagai Portimao di Portugal dan akan dilangsungkan pada tanggal 24 sampai 26 Maret 2023.  

 Hal itu diketahui dari laman resmi MotoGP, yang dilansir pada Selasa (2/8/2022). Keputusan tersebut tidak terlepas dari andil Federasi Balap Motor Internasional (FIM). FIM telah menetapkan seri pertama balapan MotoGP 2023

 "Grand Prix Portugal akan menjadi gelaran pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2023, dengan Autodromo Internacional do Algarve yang menakjubkan akan menjadi tuan rumah seri pembuka dari 24-26 Maret 2023," bunyi pernyataan FIM.

“GP Portugal 2023 akan menandai pertama kalinya kalender MotoGP dimulai di Eropa sejak 2006 dan akan menjadi pembuka musim ketiga yang diadakan di Eropa dalam lebih dari tiga dekade,” timpal keterangan laman resmi MotoGP.

 Sekadar informasi, sebelumnya Sirkuit Losail Qatar jadi tuan rumah pembuka MotoGP 2022. Qatar telah menjadi seri pembuka musim MotoGP sejak 2007, dan hanya sekali tidak menggelar balapan pada 2020 akibat pembatalan karena pandemi COVID-19.

 Negara Timur Tengah itu kembali tidak dapat membuka seri MotoGP musim depan karena Sirkuit Lusail Qatar harus menjalani renovasi besar-besaran dan hanya akan menggelar balapan ketika renovasi selesai.

 Lebih lanjut, penyelenggara MotoGP juga mengungkapkan, banyak ekspetasi ketika Portugal jadi tuan rumah MotoGP 2023. Sebab demikian, para pencinta MotoGP disebut akan antusias menyambut balapan musim depan.

 "Itu juga akan menjadi pertama kalinya Portugal menggelar balapan pertama dalam satu musim, dengan ekspektasi jelang musim baru untuk mencapai kecepatan penuh di Algarve sebagai debut grid dengan warna-warna dan mesin baru merea, dan piala-piala pertama diberikan."

Sementara itu kalender MotoGP 2023 selengkapnya akan segera diumumkan. sb