Muskerkab KONI Jelang Porprov VIII 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Mar 2023 20:08 WIB

Muskerkab KONI Jelang Porprov VIII 2023

i

Muskerkab KONI Tuban yang digelar di Gedung Paripurna DPRD Tuban.

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Komite Olahraga NasionaI Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, menggelar Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) Tahun 2023 di ruang Paripurna Gedung DPRD Tuban, Selasa, (7/3/23) sore.

Muskerkab tersebut digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan Porprov VIII Jawa Timur 2023, yang direncanakan digelar di empat kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang, pada Agustus sampai September mendatang.

Pada Porprov VIII Jatim 2023 mendatang, sebanyak 53 Cabor akan dipertandingkan di 4 Kabupaten/kota tuan rumah, rinciannya, Kabupaten Sidoarjo 22 Cabor, Kabupaten Mojokerto 11 Cabor, Kota Mojokerto 10 Cabor, Kabupaten Jombang 10 Cabor.

Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Disbudporapar Tuban, direncanakan ada sebanyak 70 atlet yang mengikuti Puslatkab untuk Porprov VIII Jatim 2023.

Puluhan atlet tersebut merupakan kumpulan atlet peraih medali pada Porprov VII jatim 2022 kemarin. Selain itu, dimungkinkan juga ada tambahan dari atlet juara 1, 2 dan 3 pada Kejurnas/ Kejurprov/Kejurda/Popda yang dilaksanakan setelah Porprov VII kemarin dengan kriteria dan verifikasi yang dilakukan Tim Satlak. Termasuk beberapa atlet dari Cabor terukur limit Porprov yang diproyeksikan minimal mampu meraih medali perunggu.

Mirza menjelaskan jika Muskerkab ini dilaksanakan untuk menentukan langkah dan program sebelum pelaksanaan Porprov tahun ini. Sehingga atlet kontingen Kabupaten Tuban mampu meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa persiapan di porprov 2022 kemarin belum maksimal, sehingga hasilnya kurang optimal. Untuk itu, pada tahun ini, dilakukan persiapan lebih matang untuk meraih prestasi sesuai target.

"Atlet harus disiapkan sejak saat ini, sehingga saat tampil di Porprov VII nanti bisa maksimal," terangnya. 

Di waktu yang sama, Kepala Disbudparpora Tuban yang turut hadir ditengah Muskercab, Emawan menyampaikan, jika pelaksanaan Porprov harus lebih efektif dan efisien. Artinya, atlet yang dikirim hanya atlet yang mempunyai potensi memperoleh medali. 

Meski demikian, sesuai arahan dari Bupati Tuban, agar pihaknya tetap memberikan kesempatan pada Cabor yang belum pernah merasakan arena Porprov untuk memberikan jam terbang. Pun begitu, tim Satlak tetap selektif dalam memilih karena berkaitan dengan prestasi.

Emawan menambahkan, pihak dinas akan selalu mendukung program yang berkaitan dengan meningkatkan dan pembinaan olahraga di Tuban. Untuk itu, ia juga meminta dukungan dari KONI Tuban untuk mensukseskan prestasi Kabupaten Tuban pada Porprov VIII Jatim 2023.

"Di Porprov kali ini, kita lebih memaksimalkan atlet yang berpotensi meraih medali. Tapi tetap memberikan kesempatan pada Cabor yang belum pernah tanding di Porprov," ungkapnya. Her

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU