Musrembangdes Desa Winong Menuju Desa Mandiri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 01 Sep 2021 15:25 WIB

Musrembangdes Desa Winong Menuju Desa Mandiri

i

Suasana Musrembangdes Desa Winong Gempol Pasuruan. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemerintah Desa Winong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan menggelar Musrembangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) dengan tema " Nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan berwawasan Lingkungan ". Dalam rangka  Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 di pendopo desa Winong Rabu (01/9'2021).

Pada acara Musrembangdes tersebut hadir anggota DPRD Kab. Pasuruan  fraksi Golkar  Nik Sugiarti, Camat Gempol Taufiqul Ghoni, KaPolsek Gempol Kompol Kamran, Danramil Gempol Kapten Inf. Edy Suryanto,  Kades Winong Suyanto, Sekdes, Ketua BPD,Kader PKK, Kader Posyandu, Bidan desa, Bumdes, RT, RW, Perwakilan Lembaga Pendidikan, Pokdarwis, Karang Taruna, tokoh agama  dan Tokoh masyarakat.

Baca Juga: Periode Pertama Khofifah, 9 Proyek Strategis Nasional Berhasil dirampungkan

Kepala Desa Winong Suyanto mengatakan, kegiatan Musrenbangdes merupakan agenda  tahunan yang dilaksanakan tiap tahun, dan sebagai bahan informasi ke masyarakat agar bisa mengetahui sejauh mana kegiatan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan lain lainya serta untuk menampung aspirasi masyarakat, mulai dari tingkat RT. Untuk tahun kemarin banyak anggaran yang terserap untuk covid-19, mudah mudahan tahun ini covid-19 bisa mereda syukur kalau sudah tidak ada lagi, jadi anggaran bisa diserap untuk nilai tambah ekonomi dan pembangunan yang berwawasan lingkungan tuturnya.

"Usulan yang harus diprioritaskan bukan hanya di pembangunan fisiknya saja, seperti jalan lingkungan dan bangunan lainnya. Namun untuk desa Winong kami akan memprioritaskan perencanaan pembangunan yang bisa mempunyai  nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut anggota DPRD F-Golkar Pasuruan Nik Sugiarti menekankan Musrembangdes tahun ini jangan terlalu diprioritaskan ke program pembangunan fisik tapi program program yang punya nilai tambah bidang ekonomi karena 2 tahun anggaran diserap untuk program Covid-19 jadi sangat setuju dengan program yang disampaikan Kades, Winong yaitu program yang bernilai tambah ekonomi seperti sudah ada pengelolaan produk produk makanan ringan dari kelompok ibu ibu,  kemudian Pembibitan Lele juga bagus dikembangkan sebagai nilai tambah ekonomi yang berwawasan Lingkungan.

Baca Juga: Serap Aspirasi Anak, Pemkab Mojokerto Gelar Musrenbang Tematik Anak

Kegiatan Musrenbangdes merupakan harapan warga desa Winong yang bertujuan untuk membangun desa dari status  berkembang  menuju  status Maju dan Mandiri dengan taraf hidup yang lebih sejahtera dan makmur.

" Untuk bisa menjadi desa Mandiri, kami akan melakukan tahapan - tahapan  pembangunan supaya bisa  mempunyai  nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan, dengan cara, melakukan pembinaan, pelatihan, penyadaran masyarakat untuk berperan aktif membanguna desa,  selalu berinovasi dan kreatif dalam meningkatkan PAD, maka perlu mengoptimalkan Bumdes, sebagai lembaga ekonomi masyarakat, dimana bumdes sebagai lembaga ekonomi rakyat yang juga menjadi pilar demokrasi, bisa membantu meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, menciptakan peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, pengembangan ekonomi desa serta meningkatkan pendapatan desa. Jika pengelolaan Bumdes optimal, maka desa akan menjadi desa yang mandiri. " Lanjut Suyanto. 

Baca Juga: Kepimpinan H.Slamet Junaidi, Pemikiran Pemuda Dilibatkan dalam Musrenbang

Harapan terlaksananya perencanaan pembangunan desa Winong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan tidak lepas dari pengawalan dari semua pihak, Pemdes, Camat, Anggota DPRD, dan OPD, meskipun masih berupa usulan, bagaimana itu bisa terealisasi.

Terima kasih juga disampaikan oleh Camat Gempol Taufiqul Ghoni, yang dalam sambutannya sambil membawa produk makanan yang dibeli dari paguyuban dan mencicipi langsung di depan hadirin dengan pujian enak, dan sorak  Tepuk tangan peserta atas pujian Camat Gempol Taufiqul Ghoni. Peserta yang hadir tampak Guyub rukun, sehingga pelaksanaan musrenbangdes Winong berjalan dengan aman dan akomodir, di Lanjut dengan dibukanya Acara musrenbangdes Desa Winong oleh anggota DPRD F-Golkar Kabupaten Pasuruan Nik Sugiarti. Hik

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU