MUTIARA AZKA Serukan Dukungan Untuk Perempuan Lewat Lagu "Yaudahlah"

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 21 Apr 2022 10:30 WIB

MUTIARA AZKA Serukan Dukungan Untuk Perempuan   Lewat Lagu "Yaudahlah"

i

Cover single Mutiara Azka "YaSudahlah"

Surabayapagi.com-Jakarta: Setelah sukses merilis lagu Butterfly, MUTIARA AZKA yang akrab disapa Azka kembali hadir dengan karya terbarunya di industri musik Tanah Air dengan merilis single “Yaudahlah”.

 

Hadir dengan lagu bergenre Pop Rap yang bernada gembira, penyanyi lulusan ajang bakat Indonesian Idol 2021 ini menyerukan ajakan ke semua orang untuk tidak lagi memberikan batasan masa lampau kepada perempuan masa kini. Dan lagu ini dirilisnya bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 2022 kemarin.

 

“Kalo liat dari judulnya, lagu ini terkesan pasrah yah. Tapi tema lagu ini justru kebalikan dari itu, Yaudahlah yang berarti kita pengen shutdown omongan orang yang enggak enak kepada perempuan dan pengen nunjukin bahwa perempuan punya pilihan dan bisa jadi apa aja yang mereka mau kalau mereka  menemukan support system yang tepat. Enggak cuma dari keluarga atau orang terdekat tapi justru dari semua perempuan dimanapun dia berada. Karena kita yang paling tau nih rintangan-rintangan menjadi perempuan, jadi women supporting women aja”, ujar Azka tentang lagu barunya ini.

 

Lagu Yaudahlah yang ditulis langsung oleh Azka sendiri ini, memang terdengar berbeda dari single sebelumnya. Tetapi jika kita menengok ke belakang, Azka memang pernah aktif sebagai aktivis di sebuah organisasi LSM perlindungan anak yang fokus pada HAM, kesejahteraan anak dan kesetaraan gender. Tak heran, jika Azka ingin melakukan suatu hal untuk mengurangi berbagai stigma dan tantangan yang dihadapi perempuan setiap harinya. Ia mengatakan kalau salah satu metode paling efektif untuk menyampaikan sebuah pesan, adalah melalui karya.

 

“Inspirasi menulis lagu ini datangnya dari diri sendiri sih, kayak melontarkan pertanyaan ke diri sendiri tentang apa sih statement yang paling ganggu yang diucapin oleh orang-orang disekitar kita, yang ternyata dialami juga oleh kebanyakan perempuan lainnya. Misalnya di pengalamanku ditanya kapan nikah atau kenapa memilih jadi entertainer padahal aku kuliah di luar negeri. Banyak pilihan hidup aku yang dipertanyakan orang yang bahkan enggak ada andilnya di hidup aku, malah enggak kenal-kenal amat sama aku. Dari situ aku kepikiran untuk angkat tema ini kedalam sebuah lagu”, jelas  Azka.

 

Di lagu ini, ada 2 orang Rapper yaitu Willy Winarko dan Rasyid Sayyari yang membantu Azka dalam menyempurnakan lirik lagu ini. Untuk aransemen musik, Azka dibantu Karirino Pasay dan diproduseri oleh Ganendra Satria. Lagu ini sebenarnya tidak dipersiapkan khusus oleh Azka, dibuat untuk konten Hari Kartini tahun lalu dan diposting di sosial media ternyata lagu ini banyak diapresiasi oleh banyak orang. Bahkan di repost oleh beberapa akun media dan buzzer.

 

“Sebenarnya lagu ini dibuat waktu aku, Kak Willy dan Kak Rasyid mau buat Rap-Up untuk program hari Kartini di tahun 2021 lalu. Pas di post di sosial media ternyata rame dan banyak yang nungguin full song-nya. Akhirnya dibuat dengan sederhana, pokoknya Home Recording dengan Low Budget. Ternyata setelah di mixing dan mastering, hasilnya bagus. Akhirnya dirilis sebagai single terbaru dan waktu perilisannya pas bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional dan menjelang Hari Kartini. Jadi momennya tepat banget untuk merilis lagu ini”, kata Azka.

 

Azka berharap lagu ini bisa jadi lagu anthem dan penyemangat bagi semua perempuan dimana ia ingin semua orang menghargai dan mendukung apapun mimpi yang ingin diraih oleh wanita.

 

YAUDAHLAH (Lirik)

Yaudah yaudah lah

Cewek mau jadi apa yaudahlah

Biarkan kita bebas, mimpi tanpa batas

Nikmati indahnya dunia

 

Verse 1:

Harus bisa masak, nyuci, ngepel urus suami

Harus bisa handle sana sini tanpa tapi

Mau kerja keluar, mau kerja di rumah

Mau kreatif ataupun administratif

 

Pre-Chorus 1:

Masih juga sering ditanya "kapan nikah?"

Masih banyak ambisi, mau kejar ijazah

Mau kerja keluar, mau kerja di rumah

gassslah, Karena kita punya pilihan

 

Chorus 1:

Yaudah yaudah lah

Cewek mau jadi apa yaudahlah

Biarkan kita bebas, mimpi tanpa batas

Nikmati indahnya dunia

 

Yaudah yaudah lah

Cewek mau jadi apa yaudahlah

Biarkan kita bebas, mimpi tanpa batas

Nikmati indahnya dunia

 

Verse 2:

Fokus ke Astronomi, ataupun Astrologi

Ataupun juga manut ke bu sri mulyani

Percayalah apapun bisa kita raih

Karena kita berlari untuk diri sendiri

 

Pre-Chorus 2:

Masih juga sering ditanya "kapan nikah?"

Masih banyak ambisi, mau kejar ijazah

Mau kerja keluar, mau kerja di rumah

gassslah, Karena kita punya pilihan

 

BACK TO CHORUS

 

Bridge:

Namun walaupun dunia tak mengerti

Kita semua tetap saling menemani

Jangan terlalu bandingkan diri ini

Jika kita jatuh bersama kita lewati

Namun satu hal yang harus kita tanami

Bahwa siapapun kita diri kita berarti

 

Back to Chorus

End

---

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU