Nabil, Berpeluang Ketua Koni Jatim Gantikan Airlangga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Jan 2022 20:47 WIB

Nabil, Berpeluang Ketua Koni Jatim Gantikan Airlangga

i

M.Nabil

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Drs. Muhammad Nabil (M.Nabil), aktivis pemuda berpeluang besar gantikan Ir. Airlangga Satriagung, sebagai Ketua Umum Koni Jatim. Nabil, dikenal cukup pengalaman sebagai pengurus KONI Jatim dan dikenal sangat dekat dengan cabor. Selama ini Nabil, sudah menjabat Ketua Harian Koni Jatim.

Beberapa pengurus cabor (cabang olahraga), semalam menyambut penuh riang atas tidak lolosnya mantan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim) Saiful Rahman untuk bertarung merebut Ketua Umum KONI Jatim di Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jatim, yang akan digelar Rabu hari ini (26/1/2022).

Baca Juga: Bupati Ikfina Raih Penghargaan Pemerintah Peduli Olahraga di Ajang KONI Jatim Award 2023

Saiful dinyatakan tidak lolos verifikasi dan validasi oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Jatim. Dia tidak melengkapi persyaratan terutama surat dukungan dari KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabang Olahraga (Cabor).

Dari hasil verifikasi dan validasi tersebut, sejak kemarin, tinggal satu bakal calon yang lolos sebagai calon ketua ketua umum KONI Jatim. Yaitu, M Nabil yang saat ini menjabat ketua harian KONI Jatim.

Nabil, berkibar saat ia sukses pimpin Kontingen Jatim pada PON XX/2021 Papua lalu. Saat itu, Nabil dipercaya sebagai Komandan Puslatda. Meskipun di PON XX Papua Jatim gagal meraih juara umum dan hanya meraih peringkat ketiga setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat, tapi kalangan pejabat Pemprov menilai sudah cukup membanggakan publik Jatim.

Menurut Tim Penjaringan dan Penyaringan, Rohmad Amrullah SH, MH., nantinya Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Jatim akan melaporkan ke sidang pleno Musorprov, termasuk melaporkan bahwa hanya M. Nabil yang lolos untuk menjadi calon Ketua Umum KONI Jawa Timur.

Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jawa Timur akan digelar pada 26-27 Januari di Surabaya. Tapi kayaknya dimajukan satu hari saja. Agenda utama Musorprov hari ini adalah pemilihan Ketua Umum KONI Jawa Timur periode 2022-2026.

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

Praktis dengan hasil verifikasi dan validasi berkas bakal satu calon, sudah dapat dipastikan M. Nabil bakal terpilih memimpin KONI Jatim untuk masa bakti 2022-2026.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Jawa Timur Dedi Suhayadi menyampaikan, dari hasil verifikasi dan validasi telah menghasilkan satu bakal calon yang lolos sebagai calon Ketua Umum KONI Jatim. Calon yang dinyatakan lolos itu adalah Muhammad Nabil. Maklum dia cukup pengalaman sebagai pengurus KONI Jatim dan dikenal sangat dekat dengan cabor.

Jelang Musprov, muncul dua nama yang sudah menyerahkan berkas untuk menjadi calon Ketua Umum KONI Jatim periode 2022-2026, yaitu M. Nabil dan Saiful Rahman.

“Dari dua yang daftar dan telah menyerahkan semua berkasnya, setelah diverifikasi ada satu yang tidak memenuhi syarat, yaitu Saiful Rahman,” kata Dedi di Kantor KONI Jatim, Selasa (25/1).

Baca Juga: DPRD Sampang Kesengsem Prestasi KONI

“Yang dinyatakan tidak lolos ada beberapa alasan. Misalnya pendaftar harus datang sendiri untuk menyerahkan berkas, dan yang paling utama adalah soal surat dukungan. Satu pendaftar tidak menyerahkan sendiri berkasnya, dan tidak menyertakan atau melampirkan surat dukungan dari KONI Kota/Kabupaten dan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga. Jadi dari dua syarat ini sudah tidak memenuhi untuk kami proses atau kami loloskan sebagai calon ketua umum,” jelas Dedi.

Masih menurut Dedi, untuk berkas pendaftaran M. Nabil semua sudah lengkap termasuk yang paling utama, yaitu surat dukungan dari KONI Kota/Kabupaten dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga.

Untuk menjadi calon ketua umum adalah mendapatkan dukungan secara tertulis dari KONI Kota/Kabupaten dan Pengprov Cabang Olahraga, di mana dukungan itu minimal 1/3 dari jumlah KONI Kota/Kabupaten di Jawa Timur, dan 1/3 Pengprov Cabor yang menjadi anggota KONI Jawa Timur.Jumlah KONI Kota/Kabupaten di Jawa Timur ada 38, sedangkan jumlah Pengprov Cabor 62. n alq, dna

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU