Nelayan di Lumajang Hilang Tersapu Ombak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Jul 2020 18:17 WIB

Nelayan di Lumajang Hilang Tersapu Ombak

i

Polisi dan beberapa warga mencoba melakukan pencarian di sekitar bibir pantai. SP/Lim

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Nahas menimpa Jumingan (50), seorang nelayan asal Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasirian.

Perahu jukung yang dikendarainya bersama Sapari (30) menantunya untuk mencari ikan tersapu gelombang laut dan terguling.

Baca Juga: Dinas Perikanan Kab Pasuruan Upayakan Peningkatan Produksi Ikan Nelayan

Akibatnya, keberadaan Jumingan hingga saat ini masih belum diketemukan, sementara Sapari bisa terselamatkan.

Dari informasi yang dikumpulkan di lapangan, peristiwa nahas tersebut terjadi pada dini hari, saat korban dan menantunya berniat berangkat melaut dengan mengendarai jakung miliknya. Tak lama usai jakung miliknya berlayar, ombak laut semakin membesar.

Mendapati hal itu, Sebagian nelayan memilih balik arah dan mengurungkan niatnya untuk mencari ikan. Sementara korban dan menantunya yang posisi jakungnya telah berada di tengah laut terombang-ambing ombak laut yang besar sembari mencoba menepi kembali.

Baca Juga: Peduli Wong Cilik, Komisi VII DPR RI Beri Bantuan Mesin Motor LPG Nelayan Sidoarjo

“Pada saat itu, perahu korban dihantam ombak besar kemudian terbalik. Tetapi keduanya berusaha menyelamatkan diri dengan terus memegangi perahu agar tidak tenggelam,” terang Bunadi (55), salah satu nelayan teman korban.

Saat mereka hampir mendekati bibir pantai (kurang lebih 100 meter), keduanya berusaha menepi dengan berenang sambil melambai minta tolong kepada nelayan lain. Korban sapari berhasil diselamatkan, sementara Jumingan hilang tersapu ombak.

Baca Juga: Nelayan Kota Pasuruan: Tangkapan Ikan Berkurang

Mengetahui jumingan hilang tersapu ombak, salah satu nelayan langsung melaporkan kejadian itu ke kepala desa setempat yang dilanjutkan ke Mapolsek Pasirian. Mendapat laporan, petugas dari Polsek Pasirian dibantu anggota Koramil dan BPBD melakukan pencarian terhadap korban.

“Untuk korban yang selamat sudah kami evakuasi ke rumahnya. Sedangkan untuk korban yang hilang, hingga siang ini masih belum diketemukan. Kami bersama tim gabungan berusaha mencari jasad korban dengan menyisir bibir pantai hingga puluhan kilometer belum kami temukan,” terang Kapolsek Pasirian, Iptu Agus Sugiarto. (Lim)

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU