Home / Infotainment : Usai Divonis Kanker Payudara

Nunung Srimulat Bilang "Ya Allah, Ujian Apa lagi..."

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Feb 2023 20:00 WIB

Nunung Srimulat Bilang "Ya Allah, Ujian Apa lagi..."

i

Nunung Srimulat menangis saat dirinya divonis oleh dokter mengidap kanker payudara.

Nunung Srimulat alias  Tri Retno Prayudati (59) kini divonis mengidap kanker payudara.  Ini diketahui usai  ditemukan benjolan  sebesar 2 sentimeter diketiaknya.

 

Baca Juga: Mantan Thariq Halilintar, Chandrika Chika Positif Narkoba, Sudah Konsumsi Selama Setahun Lebih

JAKARTA, Kontributor Erick K.

 

"Saya cuman bilang  Ya Allah ujian apa lagi yang harus saya jalani?'. Tapi saya percaya Allah akan memberikan yang terbaik buat saya," katanya kepada Ruben Onsu di kanal YouTube MOP Channel, dikutip Surabaya Pagi, Kamis (2/2/2023).

Nunung mulai curiga jika ada yang tak beres dengan dirinya saat benjolan semakin membesar. "Awalnya saya diemin tapi kok ganggu, di ketiak makin gede sampai bawa tas saja udah nggak kuat. Akhirnya dokter cek terus dia curiga karena ada turunan akhirnya harus USG dan mamografi itu dulu," katanya.

Penyakit itu baru diketahui olehnya, di tengah usahanya dalam mengobati penyakit yang ia miliki sebelumnya.

 

Sudah Melakukan Biopsi

Nunung mengungkapkan dirinya sudah rutin memeriksakan diri setiap bulan ke dokter untuk penyakit yang ia idap. Namun, tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosa oleh dokter.

Ada kanker payudara. Ya pasti saya sedih, saya sedih tapi saya nggak boleh marah," ungkap Nunung.

Komedian itu saat ini sudah melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan tubuh untuk memeriksakan kondisi kanker tersebut. Ia juga sudah menjalani pemeriksaan berupa pengambilan foto kondisi paru-parunya untuk melihat penyebaran dari penyakit mematikan tersebut.

 

Kanker Payudara Tertinggi

Baca Juga: Fokus Jalani Latihan Beladiri, Cinta Laura Ngaku Alami Cedera Telinga dan Kaki

Direktur Jenderall Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu melaporkan, kasus kanker payudara di Indonesia tercatat tertinggi yaitu sebanyak 60-an ribu. Kemudian disusul oleh kanker serviks atau leher rahim.

"Indonesia kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan dua kanker yang terbanyak, jumlah kasusnya 65.858 atau 18,6 persen untuk kanker payudara. Dan 36.633 untuk kanker leher rahim. Itu data pada tahun 2020," ucapnya dalam media briefing, Kamis (2/2/2023).

 

Suka Berganti Pasangan

Menurut Fitriyadi, spesialis kebidanan, human papilloma virus (HPV) yaitu virus penyebab kanker serviks, lebih mudah menular melalui hubungan seksual.

"Setia dengan satu pasangan saja dapat berisiko terinfeksi HPV, apalagi jika berganti-ganti pasangan," ujarnya dalam diskusi kesehatan SOHO #BetterU", di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

HPV, jelas Fitriyadi, terdiri dari ratusan tipe, namun yang menyebabkan kanker serviks hanyalah tipe 16 dan 18. Berganti-ganti pasangan akan meningkatkan kemungkinan virus ini ditularkan dari orang yang sudah terinfeksi ke orang lainnya.

Baca Juga: Congrat, Bahagia Beby Tsabina Pamer Cincin Dilamar Anggota DPR RI Rizki Natakusumah

Kenapa wanita lebih berisiko terkena penyakit? Fitriyadi mengatakan, karena pada wanita, risiko HPV untuk berkembang menjadi kanker serviks lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kanker penis. "Risiko infeksi HPV berkembang menjadi kanker serviks mencapai 99 persen," tambahnya.

 

Menikah Tiga Kali

Terhitung sejak tahun 1980 sampai dengan tahun 2009 Nunung diketahui sudah menikah tiga kali. Sebelumnya, Nunung menikah dengan Daniel Setyadi di tahun 1980. Daniel adalah pria yang usianya lebih muda 8 tahun dari Nunung.

Setelah bercerai, Nunung menikah dengan pria bernama Rohani Widodo yang juga lebih muda 12 tahun darinya. Terakhir di tahun 2012, Nunung menikah dengan asistennya sendiri, Iyan Sambiran.

Sejauh ini nama Nunung seakan sudah melekat erat di hati masyarakat Indonesia. Sebagai komedian, lawakannya kerap mengocok perut para penonton. Oleh karenanya, karya-karyanya selalu mendapat tempat tersendiri di hati pecinta komedi. n erc/cr9/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU