Olahraga Berat Tak Disarankan Gunakan Masker

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Jul 2021 09:09 WIB

Olahraga Berat Tak Disarankan Gunakan Masker

i

Penggunaan masker hanya diperuntukkan untuk olahraga yang ringan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Saat musim pandemi Covid-19 ini, masyarakat ditunut untuk selalu menggunakan masker dimanapun dan kapanpun. Terkait hal tersebut Badan Kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan khusus terkait penggunaan masker saat berolahraga.

Penggunaan masker saat olahraga sangat tidak diizinkan. Sebab, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesulitan. Tak hanya itu, olahraga akan membuat tubuh berkeringat sehingga topeng mudah basah. Masker yang basah dan lembap dapat membuat mikroorganisme seperti bakteri dan virus mudah berkembang.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Sementara itu, ganti hal tersebut, dr Amrul Chasannah mengatakan, penggunaan masker basah sangat tidak dapat digunakan. Masker yang digunakan dalam waktu lama karena akan menimbulkan kesulitan.

Amrul tak menampik, kondisi pandemi seperti ini mengharuskan masyarakat wajib menggunakan masker saat di luar rumah. Untuk itu, disarankan jika ingin berolahraga di tempat umum seperti stadion maupun taman kota, sebaiknya tetap menggunakan masker.

Namun dengan catatan, olahraga yang dilakukan merupakan olahraga yang ringan. Seperti peregangan tubuh atau lari-lari ringan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

“Kalau olahraga berat memang tidak disarankan karena dapat sulit bernapas. Dan sekalipun olahraga ringan, jika sudah merasa kesulitan bernapas, dapat segera melepas masker agar memudahkan pernapasan,” urainya.

Tak kalah penting, kompilasi berolahraga di tempat umum, diantarkan tidak berkerumun dan tetap terkait jarak fisik dengan orang.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Selain itu, apa pun jenis olahraganya dan di mana pun tempat olahraganya, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Tips Olahraga Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 diantaranya, jika berolahraga di tempat umum seperti stadion atau taman usahakan jauhi kerumunan massa, jaga jarak fisik dengan orang lain, jika menggunakan masker, gunakan hanya untuk olahraga ringan dan jika sudah sulit, sebaiknya gunakan masker. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU