Olimpiade Dibuka, Badminton Indonesia Langsung Tancap Gas, Hari Ini

Kontingen Indonesia saat upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

SURABAYAPAGI.COM, Tokyo - Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan di Stadion Olympic, Tokyo, Jepang Jumat (23/7/2021) sore WIB. Rio Waida dan Nurul Akmal menjadi pembawa bendera Merah Putih saat defile atlet.

Berdasarkan pantauan Jumat (23/7/2021), parade atlet dibuka dengan atlet-atlet dari Yunani yang merupakan negara asal mula Olimpiade. Sedangkan, Indonesia berada pada urutan ke-22 dalam parade atlet tersebut.

Dengan resmi dibuka, kontingen Indonesia Sabtu (24/7/2021) hari ini langsung tancap gas di cabang Badminton. Skuat badminton Indonesia di Olimpiade 2020 Tokyo ini akan tampil dengan pemain utamanya. Dimana, Sabtu (24/7/2021) hari ini pukul 07:00 WIB, akan digelar babak pertama penyisihan grup tunggal perserorangan.

Partai pertama, Sabtu (24/7/2021) pukul 07:00 WIB, pasangan ganda putri Indonesia, Gresyia Polii/Apriyani Rahayu akan membuka pertandingan bagi tim Indonesia di babak penyisihan grup. Greysia/Apriyani akan melawan ganda putri andalan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Dilihat dari rekor pertemuan kedua pasangan, baik Greysia/Apriyani dan Chow/Mei sama-sama sudah pernah saling mengalahkan. Head to head keduanya adalah 2-2. Namun, di atas kertas, Greysia/Apriyani tentu lebih diunggulkan.

Kemudian, partai kedua kontingen Indonesia, dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie akan bertanding lebih dulu di babak penyisihan grup pada hari pertama. Pemain yang akrab disapa Jojo ini akan menghadapi pemain asal Belanda, Aram Mahmoud di laga perdananya.

Jojo belum pernah bertemu dengan Aram sebelumnya, sehinga head to head mereka juga masih 0-0. Jonatan tergabung di grup G bersama Aram Mahmoud dan juga Loh Kean Yew (SIngapura).

Pasangan satu-satunya ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga akan memulai laga perdana mereka di hari pertama. Praveen/Melati akan melawan ganda campuran Australia, Simon Leung WH/Gronya Somerville. Kedua pasangan ini juga belum pernah bertemu. Praveen/Melati berada di grup C bersama Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark), dan Simon Leung WH/Gronya Somerville (Australia).

Kemudian ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan memulai laga perdana dengan menghadapi pasangan asal Inggris, Ben Lane/Sean Vendy. Kedua pasangan ini juga belum pernah bertemu.

Selain Marcus/Kevin, pasangan ganda putra lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga akan bertanding di hari pertama babak penyisihan grup. Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan ganda putra andalan Kanada, Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura. Kedua pasangan juga belum pernah saling bertemu.

Selanjutnya, Ahsan/Hendra juga akan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae (Korea) yang juga berada di grup D. ap/rmc