Omicron Mengancam, Tegakkan Prokes Pasukan Pamor Keris Disebar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jan 2022 16:57 WIB

Omicron Mengancam, Tegakkan Prokes Pasukan Pamor Keris Disebar

i

Bupati, Kapolres dan  Dandim 0812 memberangkatkan tim Pamor Keris usai. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Di Lamongan sudah ada satu warga yang terpapar covid-19 dengan varian baru omicron. Untuk mewaspadai varian baru itu berkembang, segala upaya terus dilakukan oleh Pemkab Lamongan, salah satunya dengan menyebar Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat (Pamor Keris), dan pada Senin (24/1/2022) resmi diberangkatkan dalam apel di halaman Mapolres setempat.

Bupati Yes dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, meskipun penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini masih relatif bisa dikendalikan namun tanda-tanda kenaikan angka covid sudah mulai nampak. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tersebut pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan seperti memberlakukan PPKM hingga memperketat pintu masuk dari luar negeri dengan melakukan screening yang ketat terhadap Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) serta menambah waktu pelaksanaan karantina bagi PPLN yang semula 5 hari menjadi 7 hari.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

 

“Pemprov Jawa Timur sendiri sudah melakukan beberapa inovasi seperti monitoring karantina presisi yang diprakarsai oleh POLRI yang dinilai positif terutama untuk memantau pergerakan para PPLN. Selain itu saat ini Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya juga membentuk tim patrol bermotor “Pamor Keris” yang saat ini kita lakukan,” tutur Bupati.

Baca Juga: Sebanyak 300 Personil Diterjunkan Untuk Operasi Ketupat 2024

Diungkapkan lebih lanjut oleh Bupati, tugas dari tim ini adalah melaksanakan patrol kesehatan sekaligus melaksanakan kegiatan dalam rangka cipta kondisi harkamtibmas dengan harapan melalui kegiatan ini penyebaran virus Covid-19 dapat dikendalikan sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan aman dan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional.

Bupati juga mengarahkan kepada seluruh personil yang diterjunkan untuk melaksanakan tugas secara humanis dan profesional, menghindari tindakan arogan selama melaksanakan tugas edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

“Saya harapkan kehadiran tim ini betul-betul bisa memberikan manfaat yang besar dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 dan cipta kondisi harkamtibmas yang kondusif di wilayah Jawa Timur umumnya dan Kabupaten Lamongan khususnya melalui kegiatan preemtif dan preventif ini,” ungkapnya. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU