Home / Peristiwa : Amerika Khawatir China Menyebarkan Covid lagi

Omicron Ngegas di China, 2 Juta Orang Terancam Meninggal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Des 2022 10:38 WIB

Omicron Ngegas di China, 2 Juta Orang Terancam Meninggal

i

Warga Shanghai berdesakan di apotik membeli obat Covid, Senin (19/12/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Beijing - Kota-  kota di seluruh China bergegas menambah rumah sakit darurat dan membangun klinik pemeriksaan demam pada Selasa (20/12/2022), ketika Amerika Serikat mengatakan keputusan mengejutkan Beijing untuk melonggarkan aturan nol-COVID-19 menjadi perhatian dunia.

Kota-kota meningkatkan upaya untuk memperluas unit perawatan intensif dan fasilitas perawatan lain untuk kasus COVID-19 yang parah, Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan.

Baca Juga: Menkes Akui Mutasi SARS-CoV-2 Omicron Subvarian XBB, Biang Kerok Naiknya Covid-19

Pihak berwenang juga berlomba membangun apa yang disebut klinik demam, fasilitas di mana staf medis memeriksa gejala pasien dan memberikan obat-obatan. Terhubung dengan rumah sakit, klinik ini umum di Cina daratan dan dirancang untuk mencegah penyebaran penyakit menular yang lebih luas di tempat perawatan kesehatan.

Dalam sepekan terakhir, kota-kota besar termasuk Beijing, Shanghai, Chengdu, dan Wenzhou mengumumkan mereka telah menambahkan ratusan klinik demam, menurut akun WeChat pemerintah dan laporan media.

Sebuah gym di distrik Shijingshan, Beijing, diubah menjadi klinik demam akhir pekan lalu dengan bilik berisi lebih dari 150 tempat tidur yang menutupi lapangan basket, Reuters menyaksikan.

China bulan ini tiba-tiba mulai melonggarkan penguncian massal "nol-COVID" yang ketat. Ini menyusul protes terhadap pembatasan yang sebagian besar telah menahan virus selama tiga tahun, tetapi dengan biaya yang signifikan bagi masyarakat dan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Sekarang, ketika gelombang COVID-19 Omicron melanda negara berpenduduk 1,4 miliar orang yang tidak memiliki kekebalan alami, ada kekhawatiran yang berkembang tentang kemungkinan kematian, mutasi virus, dan dampaknya, sekali lagi, pada ekonomi global.

Beijing melaporkan lima kematian terkait COVID pada Selasa, menyusul dua kematian pada Senin yang merupakan kematian pertama yang dilaporkan dalam beberapa minggu. Secara total, China telah melaporkan hanya 5.242 kematian akibat COVID-19 sejak pandemi merebak di pusat kota Wuhan pada akhir 2019, angka yang sangat rendah menurut standar global.

Namun, ada keraguan yang meningkat bahwa statistik menangkap dampak penuh dari penyakit yang melanda kota-kota setelah China mencabut pembatasan termasuk sebagian besar pengujian wajib pada 7 Desember.

Sejak itu, beberapa rumah sakit kebanjiran, apotek kehabisan obat-obatan dan jalan-jalan menjadi sangat sepi karena penduduk tinggal di rumah, baik sakit atau khawatir tertular penyakit.

Baca Juga: Son of Omicron di Jatim, Ternyata dari Surabaya

Beberapa ahli kesehatan memperkirakan 60 persen orang di China - setara dengan 10 persen populasi dunia - dapat terinfeksi selama beberapa bulan mendatang, dan lebih dari 2 juta orang dapat meninggal.

Di ibu kota, Beijing, penjaga keamanan berpatroli di pintu masuk krematorium COVID-19 yang ditunjuk di mana wartawan Reuters pada Sabtu melihat antrean panjang mobil jenazah dan pekerja dengan pakaian hazmat membawa jenazah ke dalam. Reuters tidak dapat segera memastikan apakah kematian itu disebabkan oleh COVID-19.

Pejabat tinggi kesehatan telah melunakkan nada mereka tentang ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit ini dalam beberapa pekan terakhir. Berbalik dari pesan sebelumnya bahwa virus harus diberantas untuk menyelamatkan nyawa, bahkan ketika seluruh dunia terbuka.

Mereka juga mengecilkan kemungkinan bahwa strain Omicron yang sekarang dominan dapat berevolusi menjadi lebih ganas.

"Kemungkinan mutasi besar yang tiba-tiba sangat rendah," kata Zhang Wenhong, spesialis penyakit menular terkemuka, dalam sebuah forum pada Minggu dalam komentar yang dilaporkan oleh media pemerintah.

Tetapi ada tanda-tanda yang meningkat bahwa virus itu menyerang sistem kesehatan China yang rapuh. Penyebaran virus diperkirakan akan melumpuhkan ekonomi China, yang diperkirakan tumbuh 3 persen tahun ini, kinerja terburuknya dalam hampir setengah abad.

Baca Juga: Varian Baru Omicron Siluman Ditemukan di 19 Provinsi, Jatim Masuk Dalam Daftar

Terpisah, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price Negeri berharap China dapat mengatasi pandemi saat ini. Pasalnya, karena jumlah korban virus tersebut menjadi perhatian global karena ukuran ekonomi China.

"Korban virus menjadi perhatian seluruh dunia mengingat ukuran PDB China, mengingat ukuran ekonomi China," kata Price dalam pengarahan harian di Departemen Luar Negeri, dikutip Reuters, Selasa (20/12/2022).

"Tidak hanya baik bagi China untuk berada dalam posisi yang lebih kuat saat berhadapan dengan Covid, tetapi juga baik untuk seluruh dunia," kata Price.

Dia menambahkan bahwa setiap kali virus menyebar, ia berpotensi bermutasi dan menimbulkan ancaman di mana-mana.

"Kami telah melihat bahwa selama banyak permutasi berbeda dari virus ini dan tentu saja alasan lain mengapa kami begitu fokus membantu negara-negara di dunia mengatasi Covid," katanya. nhk,rtr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU