Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Hari Jadi Kota Mojokerto Gunakan Metode Canggih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Jun 2022 11:24 WIB

Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Hari Jadi Kota Mojokerto Gunakan Metode Canggih

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau secara langsung operasi katarak dan bibir sumbing gratis bagi warga di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Rabu (15/6/2022).

Menariknya, dalam penanganan pasien katarak, pihak rumah sakit sudah menggunakan metode canggih dan modern bernama Phaco Emulsifikasi.

Baca Juga: Pj Wali Kota Ali Kuncoro Komitmen Lindungi Wirausaha Rentan Melalui DBHCHT

"Saya tadi melihat secara langsung proses operasinya, hanya memakan waktu 15 menit untuk satu pasien. Dan setelahnya pasien pun tidak merasakan sakit apapun. Cukup ditutup selama 1×24 jam lalu perban sudah bisa dibuka dan sudah bisa melihat secara normal kembali," terang Wali Kota.

Masih kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota, Pemerintah Kota Mojokerto juga mengerahkan seluruh tenaga medis profesional yang ahli pada bidangnya.

"Demi hasil yang memuaskan, kita kerahkan dua dokter spesialis mata dan satu dokter spesialis estetik untuk bibir sumbing," tukasnya.

Baca Juga: Lomba Video Kartinian Antar OPD Pemkot Mojokerto Berlangsung Seru, Ini Tanggapan Mas Pj Ali Kuncoro!

Adapun jumlah pasien yang mengikuti operasi katarak berjumlah delapan orang.

Sedangkan untuk operasi bibir sumbing, pemerintah daerah memfokuskan pada anak usia dini. Dimana, ada dua pasien berusia sepuluh bulan dan lima tahun, yang mengikuti operasi bibir sumbing.

"Kalau bibir sumbing memang kita upayakan menjaring pasien yang masih usia anak-anak. Supaya dampak dari bibir sumbing itu bisa segera diminimalisir ketika masih usia dini," tegasnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Eksistensi dan Peran Kepala OPD Wanita di Hari Kartini

Masih kata Ning Ita, operasi katarak dan bibir sumbing gratis bagi warga ini, merupakan rangkaian event dalam rangka merayakan HUT Kota Mojokerto ke-104.

"Selain operasi katarak, masih akan ada rangkaian kegiatan sosial lainnya untuk warga kota. Seperti, cek kesehatan gratis, donor darah dan masih banyak lainnya," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU