Oplos Soda dengan Hand Sanitizer, 9 Warga India Tewas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 01 Agu 2020 09:23 WIB

Oplos Soda dengan Hand Sanitizer, 9 Warga India Tewas

i

Ilustrasi minuman oplosan

SURABAYAPAGI.COM, New Delhi – Aksi nekad 9 warga di india berujung pada kematian. Bagaimana tidak, sekelompok warga yang ingin minum miras namun karena pembatasan pandemi covid-19 sejumlah toko miras di india ditutup melakukan alternatif lain. Yakni mengoplos soda dengan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer. Akibat peristiwa tersebut, setidaknya 9 warga yang menenggak minuman oplosan dilaporkan meninggal dunia.

Melansir dari media setempat, Sabtu (1/8) Inspektur Polisi kota Kurichedu, Siddharth Kaushal, menuturkan bahwa sekelompok warga hilang kesadaran usai meminum 'sejumlah besar' campuran atau oplosan hand sanitizer dengan air atau soda di wilayah Andhra Pradesh.

Baca Juga: Jasa Raharja Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Kaushal menyebutkan para korban meregang nyawa setibanya di rumah sakit setempat usai menenggak oplosan soda dan hand sanitizer.

Kaushal menambahkan, sekelompok warga itu menggunakan hand sanitizer 'sebagai pengganti' karena pasokan miras langka setelah otoritas setempat menerapkan lockdown untuk memerangi virus Corona. Lockdown itu berdampak pada tutupnya toko-toko miras di wilayah tersebut.

Penyelidikan tengah dilakukan secara menyeluruh terhadap kematian sembilan orang ini.

Diketahui bahwa setiap tahunnya, ratusan warga miskin di India meninggal akibat keracunan alkohol, terutama karena miras oplosan yang murah tapi mematikan. Sindikat pengoplos miras seringkali menambahkan methanol ke dalam miras lokal demi meningkatkan kadar alkoholnya. Padahal diketahui bahwa methanol sangat beracun.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU