Optimis AHY Bikin Keputusan Demokratis

Lucy Kurniasari. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Musyawarah Daerah ke-VI Partai Demokrat Jawa Timur telah usai digelar. Ada dua calon ketua definitif DPD Jawa Timur yang diajukan ke DPP, yakni Bayu Airlangga yang memperoleh dukungan 25 suara DPC dan Emil Elestianto Dardak yang hanya mendapatkan 13 suara DPC. Dua calon tersebut akan mengikuti fit and proper test dihadapan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsa, serta Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron 31 Januari 2022 mendatang.

Menanggapi hal tersebut,  Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Lucy Kurniasari, hasil Musda VI menegaskan Bayu Airlangga mendapat dukungan mayoritas dari DPC Partai Demokrat se Jawa Timur. Dukungan sebanyak itu menjadi bukti penerimaan mayoritas DPC terhadap kepemimpinan Bayu Airlangga sebagai Ketua terpilih peraih 25 suara DPC di Musda ke-VI.

Hasil tersebut, lanjut Anggota Komisi IX DPR RI ini, sesuai dengan arahan AHY dalam pembukaan Musda VI. "Partai Demokrat membuka ruang bagi perbedaan di dalam Musda, karena itu adalah esensi demokrasi," jelas Lucy mengulang ucapan AHY di pembukaan Musda VI.

AHY juga berharap, Musda Jawa Timur dapat dilalui dengan baik dan melahirkan ketua serta jajaran pengurus yang bisa meningkatkan elektabilitas partai.

Dikatakan Lucy, harapan AHY tersebut tampaknya ada pada sosok Bayu Airlangga. Sebab, sosok Bayu Airlangga bukan tipikal pemimpin one man show, sehingga dapat diterima mayoritas DPC se Jawa Timur. Untuk itu, Ia optimis jika Ketua Umum AHY akan menetapkan ketua terpilih secara demokratis tidak jauh dari suara terbanyak.

"Bayu Airlangga juga rajin turun ke DPC, sehingga menumbuhkan soliditas. Hal itu terlihat dari dukungan DPC terhadap Bayu Airlangga," ungkap Lucy.

Untuk semakin meningkatkan soliditas Partai Demokrat di Jawa Timur, tambah Lucy, kepemimpinan Bayu Airlangga sangat diperlukan.  Dengan soliditas yang tinggi, akan membuat DPC rajin turun ke masyarakat untuk meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat di Jawa Timur.

Karena itu, Lucy berharap, mas AHY akan mendengarkan dan memperhatikan suara akar rumput yang menginginkan Bayu Airlangga memimpin DPD Jawa Timur. Bayu Airlangga kami yakini dapat membesarkan Partai Demokrat di Jawa Timur.

"Kami percaya, mas AHY sang demokrat akan mengambil keputusan yang terbaik untuk DPD Jawa Timur. Kami tetap tegak lurus atas semua keputusan Ketua Umum AHY, yang sangat kami cintai dan banggakan," tandas Lucy.

Sementara itu, anggota Stering Comitee yang juga Ketua Komisi D DPRD Jatim dari Fraksi Partai Demokrat, dr Agung Mulyono mengaku gembira karena Musda sudah berjalan sesuai arahan dari PO dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). “Terimakasih kepada teman teman kader Demokrat yang menjadikan Musda VI ini lancar, dinamis, kondusif dan menghasilkan dua kandidat Ketua DPD (Demokrat) dengan suasana yang dewasa seperti harapan Ketum AHY yang mempersilahkan untuk menjadikan Musda hangat, namun jangan sampai panas dan hangus,” ungkap Agung.

Politisi kelahiran Banyuwangi ini juga mengucapkan selamat kepada kedua kandidat yaitu Bayu Airlangga dan Emil Dardak maju untuk masuk pada tahapan fit and propertest.

“Selamat Untuk Pak Emil dan Mas Bayu, lolos sebagai kandidat Ketua DPD Demokrat Jatim, dua kader terbaik untuk menjadikan Demokrat Jatim luar biasa. Saya yakin keduanya akan menunjukkan kemampuannya dihadapan tim DPP saat fit and propertest untuk melalui jembatan menuju puncak kedua, sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim,” kata dr Agung. rko