Pacu Semangat Caleg, Golkar Gelar Konsolidasi Dapil Tulungagung Blitar dan Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 06 Agu 2023 16:20 WIB

Pacu Semangat Caleg, Golkar Gelar Konsolidasi Dapil Tulungagung Blitar dan Kediri

i

Golkar Jatim Kumpulkan Caleg dapil Tulungagung, Blitar dan Kediri. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - DPD Partai Golkar Jawa Timur kembali menggelar Pertemuan dan Pelepasan Calon Anggota Legislatif di Daerah Pemilihan. Setelah sebelumnya caleg Dapil Surabaya dan Sidoarjo, kini giliran caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota di wilayah Tulungagung, Kab Blitar, Kota Blitar, Kab Kediri dan Kota Kediri dipacu semangatnya untuk menang di Pemilu 2024.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji mengatakan, Acara  Pelepasan calon anggota legislatif pada semua tingkatan. Yakni untuk DPR RI adalah seluruh caleg Dapil Jatim VI. Kemudian untuk DPRD Provinsi adalah Caleg DPRD Provinsi Dapil Jatim VII dan VIII serta Caleg DPRD Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Ngaku untuk Pengobatan, Pria di Blitar Setubuhi Anak Tiri

“Ini Kita berada di ujung jelang pemilu, caleg punya peran sangat penting mendongkrak suara Golkar. Kita kumpulkan kita semangati supaya caleg bekerja meraih suara di dapil masing-masing,” jelas Sarmuji, Minggu (6/8/2023) di Hotel Narita Tulungagung.

Menurut Anggota DPR RI ini, peran caleg akan lebih maksimal lagi jika terjalin kerjasama antar caleg di semua tingkatan. Baik itu DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di wilayah Tulungagung Kediri dan Blitar ini.

 

“Yang kami wanti-wanti dan agar bisa dihindari. Yaitu terjadinya kanibalisme internal,  dimana satu suara diperebutkan banyak caleg Golkar. Atau masing-masing di internal bersaing tidak sehat menggarap apa yang sudah dilakukan kawannya, maka ini perlu kerjasama,” tandas Sarmuji.

Terjadinya kanibalisme suara kata Sarmuji wajib dihindari, dengan membangun kerjasama serta komunikasi yang baik diantara caleg yang ada. Agar mempunyai kesepahaman mencari suara sebanyak-banyaknya untuk partai Golkar. “Silakan membangun jaringan yang semuanya kalau di akumulasi menjadi suara partai Golkar,” pintanya.

Bicara soal target kursi, Sarmuji dengan sudah melakukan telaah dan kekuatan caleg-caleg yang ada di seluruh Jawa Timur.

Baca Juga: Diduga Mabuk saat Berkendara, Pikap Tabrak 2 Motor dan Bus Pariwisata

“Secara kepartaian, kalau untuk DPRD Provinsi Insya Allah dari 13 menjadi 20 kursi. sedangkan Untuk DPR RI, dari 11 kursi bisa menjadi 15 kursi,” sebutnya.

Termasuk di Dapil VI Partai Golkar menargetkan perolehan 2 kursi DPR RI. Karena didukung caleg yang memiliki kemampuan dan resources yang cukup memadai. Ada Heru Tjahjono mantan Bupati Tulungagung atau Sekdaprov Jatim, kemudian Kusuma Judileksono pengusaha sekaligus Adik Ipar Airlangga Hartarto, Carel Ticualu dan sebagainya.

“Kita harap di Dapil VI ini kursinya bertambah,” jelas Sarmuji.

Golkar Jatim dipastikan tidak terpengaruh dengan Isu Munaslub. Sarmuji menegaskan sudah tutup buku. Karena sudah tidak ada lagi wacana munaslub dan mudah mudahan semuanya berkerja partai. Sehingga seluruh caleg bisa berkonsentrasi untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Blitar: 1 Bus, 2 Sepeda Motor dan 1 Mobil Pikap Ringsek Parah

“Jadi atau tidak jadi itu urusan kehendak Tuhan yang maha kuasa. Syukur-syukur di Dapil VI ada yang berhasil melampaui suara saya di pemilu 2019 lalu, yakni  137 ribu, nah, kalau ada yang meraih suara 150 ribu ke atas, saya sama sekali tidak kuatir,” sebutnya.

Disinggung soal arah koalisi Pilpres Golkar Jatim menyerahkan keputusan kepada Ketua Umum. Baik soal Koalisi atau membangun koalisi mandiri Golkar Jatim siap mendukung.

“Tapi Jawa Timur memang mengusulkan supaya melihat arah politik Pak Jokowi. Bukan persoalan ketergantungan pada penguasa, tetapi kami menilai endorsement pak Jokowi terhadap calon presiden yang ada akan efektif mendongkrak suara,” pungkasnya. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU