PAD Turun, Komisi C Bakal Evaluasi Anak Perusahaan PT PWU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Apr 2021 20:56 WIB

PAD Turun, Komisi C Bakal Evaluasi Anak Perusahaan PT PWU

i

Ketua Komisi C DPRD Jatim Hidayat (dua dari kanan) saat rapat bersama Dirut PT PWU Erlangga Satriagung (berpeci), di Pasuruan Selasa (6/4/2021). SP/Riko Abdiono

 

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Rendahnya setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) membuat Komisi C DPRD Jawa Timur mengundang PT Panca Wira Usaha Jawa Timur atau Wira Group Jatim untuk menjelaskan dengan gamblang. Pasalnya PT PWU dengan total aset Rp 441 miliar dari 9 anak perusahaan 3 perusahan joint venture, tahun 2020 kemarin hanya menyetorkan PAD sebesar Rp 2,25 miliar saja.

Baca Juga: Hasil Pemilu 2024 Dapil Jatim IX, Suli Daim PAN Lolos Lagi

Ketua Komisi C DPRD Jatim, Hidayat Maseaji mengatakan, pandemi Covid-19 belum selesai dan berpengaruh pada kinerja BUMD di Jatim. Tapi pihaknya ingin semua BUMD di Jawa Timur itu tujuannya bisa dicapai dengan baik. Jika ada BUMD dengan Laba kecil dan minus itu perlu dilakukan evaluasi.

“Salah satunya PWU, dalam laporan keuangannya terlihat betul ada inefisiensi dalam kinerja. Sehingga keuntungannya sangat kecil. Dalam satu tahun PAD hanya Rp 4 miliar. Padahal PWU ini perusahaan holding, ada banyak anak Perusahaan dan join venture cukup besar tapi PADnya sangat kecil. Oleh karena itu harus ada pembenahan ke depan. Salah satunya konsolidasi terhadap anak perusahaan yang sehat kita support yang memang sudah tidak prospektif harus dipertimbangkan untuk dihentikan,” tegas Hidayat, saat rapat dengar pendapat dengan PT PWU di Pasuruan, Selasa (6/4/2021).

Untuk diketahui, berdasarkan laporan kinerja keuangan PT PWU, sepanjang tahun 2020 mampu membukukan aset hingga Rp 441.619.040.915 dengan pendapatan Rp 175.178.735.343, laba bersih Rp 4.054.163.279 dan menyetor PAD ke Pemprov Jatim Rp 2.250.000.000. Jauh menurun dibanding kinerja tahun 2019, dimana pendapatan mencapai Rp 248.426.534.675, laba bersih Rp 6.918.684.050 dengan kemampuan setor PAD sebesar Rp 3.900.000.000.

Dalam RDP yang berlangsung dari pagi hingga Siang itu banyak membahas tentang situasi terkini PT PWU beserta laporan dari anak perusahaan yang bernama PT Moya Kasri Wira Jatim yang bergerak di industri minuman sirup/air mineral dan PT Carma Wira Jatim yang bergerak di Industri Kulit Hewan.  

Secara umum, Komisi C berharap PT PWU tetap harus profesional semua baik holding maupun anak perusahaan. Jangan sampai ke depan ada pekerja yang belum dibayar atau tidak mendapat pesangon ketika diberhentikan. “Ini kan betul betul sangat tidak sehat, maka harus dikembalikan BUMD pada fitrohnya. Bahwa BUMD dibuat untuk memberikan kontribusi kepada PAD. Kalau tidak, kita evaluasi untuk kita pertimbangkan tidak kita lanjutkan,” sebutnya lagi.

Untuk itu, Komisi C mengingatkan Kepada Pemprov Jatim supaya lebih ketat mengawasi kinerja anak perusahaan di BUMD. “Kita warning kepada Gubernur supaya mencermati betul jangan sampai muncul bermacam anak perusahaan di beberapa BUMD tanpa dikontrol dan kemudian tidak memberikan kontribusi positif terhadap PAD kita,” terang politisi Partai Gerindra ini didampingi Wakil Ketua Komisi C Yohanes Ristu, Anggota Komisi C Agus Dono W, Khulaim Djunaedi dan Pranaya Yudha Mahardhika.

Baca Juga: Lolos Indrapura, Cahyo Ketua Gerindra Surabaya Raih Suara Tertinggi Dapil 1

Ia meminta jangan ada anak perusahaan membebani holdingnya. “Karena Sampai saat ini saya belum melihat Gubernur melakukan kontrol anak-anak perusahaan BUMD,” sebutnya lagi.

Untuk mengatasi hal ini, kata Hidayat, perlu political will dari Gubernur. Agar anak perusahaan BUMD itu dibuat dengan mempertimbangkan tidak hanya prospek usaha tapi juga core bisnisnya harus sesuai. Seperti PT PWU ini sampai ada 9 perusahaan lebih. Sehingga perlu dicermati betul dan tidak mudah memberikan lampu hijau dalam membuat anak perusahaan. “Komisi C selama ini tidak terkait dengan anak perusahaan, tapi ketika anak perusahaan membebani holding BUMD itu, maka tugas KOmisi C untuk mengontrol betul,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PWU Jatim, Erlangga Satriagung mengungkapkan beberapa hal terkait kondisi perusahaanya. Dimana ada 9 anak perusahaan yang mayoritas Adalah warisan dari penggabungan 5 perusda sejak zaman belanda yang pada tahun 2000 digabung dalam perusahaan PT PWU. 9 Anak perusahaan itu antara lain PT Karet Ngagel Surabaya Wira Jatim, PT Puri Panca Pujibangun, PT Kasa Husada Wira Jatim, PT Loka Refractories Wira Jatim, PT Carma Wira Jatim, PT Moya Kasri Wira Jatim, PT Adi Graha Wira Jatim, PT Jatim Husada Farma.  “Yang terbaru itu PT Jatim Husada Farma. Ini baru satu tahun dan bergerak di bidang menyuplai obat-obatan peralatan rumah sakit umum milik daerah,” terang Erlangga. 

Diakuinya, ada beberapa anak atau cucu perusahaan yang kondisi kurang bagus. Seperti anak perusahaan dari PT Karet Ngagel yang bergerak di bidang Industri Conveyor Belt. Jika PT Karet Ngagel produksinya bagus dan di nasional terbaik, berbeda dengan anak perusahaanya yang bernama PT Kasava. “PT Karet ini punya anak Usaha namanya PT Kasava yang saat ini sedang bermasalah besar dan nyaris pidana Karena Hasil audit BPKP fraud,” ungkapnya.

Baca Juga: Suara Gus Fawait Tertinggi Nasional, Gerindra Jember Dapat LSN Effect

Ada juga anak perusahaan lainnya yang kondisinya cukup bagus. Yakni PT Kasa Husada yang bergerak dalam industri alat kesehatan termasuk Masker. “Insya Allah 2-3 minggu akan melakukan ekspor perdana Masker ke Amerika dan Jika ini terealisasi maka bisa disebut satu satunya BUMD yang masuk pasar Amerika,” yakin Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Mantan Ketua Kadin Jatim ini menyampaikan selama pandemi kemarin terjadi penurunan usaha. “Sales kita turun menjadi Rp 175 Miliar tahun 2020.  Tapi di 2021 kita merancang naik 42% menjadi 248 Miliar dan target laba Rp6,8 miliar . Ini dengan asumsi, triwulan pertama 2021 covid sudah sangat mereda,” yakinnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi C Agus Dono Wibawanto meminta PT PWU memaparkan dengan jujur dan gamblang kondisi anak-anak perusahaanya. “Mana sih rumah besar PT PWU ini dengan anak cucunya silakan dipaparkan. Anak atau Cucu yang nakal dibuang, yang bagus dikembangkan,” pinta Agus Dono. 

Anak Anak perusahaan itu. Lanjutnya, cenderung banyak membebani induknya. Karena Jangan sampai PT PWU dengan aset hampir setengah triliun itu, tapi tidak bisa dikembangkan. Aset besar, tapi aset tidak bermanfaat malah membebani. “Maka kami minta Dirut PWU Pak Erlangga memaparkan kondisi semua anak perusahan, mana yang harus dikonsolidasikan dan sebagainya. Prinsip Dasar usaha BUMD itu dijalankan adalah kewajiban menyetorkan PAD,” pungkas politisi Partai Demokrat ini. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU