Pakistan Incar Akses Dagang Ceri Manis ke Pasar China

Orang-orang mengepak ceri yang baru dipanen di kota Gilgit di wilayah Gilgit-Baltistan utara Pakistan. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Menurut Kementerian Perencanaan, Pengembangan dan Inisiatif Khusus Pakistan, ceri ditanam di lebih dari 2.500 hektar lahan di Pakistan dengan Gilgit-Baltistan dan provinsi Balochistan barat daya menjadi dua daerah penghasil ceri utama di negara itu, dan hasil kolektif ceri Pakistan di 2016 lebih dari 6.000 ton.

Cherry Pakistan sejauh ini belum mampu menjangkau pasar internasional mana pun, kecuali dijual di beberapa pasar di Uni Emirat Arab (UEA), karena petani lokal tidak mengetahui proses dan prosedur untuk mendaftarkan produknya di pasar internasional. Dan karena kurangnya pengetahuan, sulit bagi mereka untuk mendapatkan sertifikasi internasional untuk memiliki akses ke pusat perdagangan kelas atas asing.

Menteri Federal untuk Ketahanan Pangan dan Riset Nasional Syed Fakhar Imam mengatakan bahwa buah ceri belum masuk secara signifikan ke pasar internasional meskipun memiliki potensi dan pemerintah sedang menyusun rencana untuk mengangkat sektor pertanian yang pada akhirnya akan menguntungkan semua petani. termasuk produsen ceri.

Produksi ceri Pakistan kecil karena tidak mengincar begitu banyak pasar luar negeri kecuali China yang merupakan pasar konsumen besar untuk ceri, kata menteri, seraya menambahkan bahwa kerja sama antara kedua negara di bidang pertanian di bawah fase kedua China-Pakistan Koridor Ekonomi juga akan mendorong investor China untuk berinvestasi di negara tersebut.

"Banyak orang Cina telah menunjukkan minat untuk berinvestasi di Pakistan dan jika mereka berinvestasi di daerah penanaman ceri dalam bentuk pertanian perusahaan, penambahan nilai dan pengolahan makanan, itu tidak hanya akan memberikan keuntungan bagi investor, tetapi juga akan menjadi situasi yang saling menguntungkan. untuk masyarakat lokal juga," Jumat (18/6/2021).

Harga ceri berdiri tinggi di pasar Cina, dan begitu ceri Pakistan masuk ke negara itu, itu akan memberikan margin keuntungan yang besar kepada petani lokal dan orang lain di sekitar mereka untuk meningkatkan penanaman, tambah menteri.

Nilai buah tumbuh berlipat ganda setelah mengeringkannya, membuat jus darinya atau membuat selai dan jeli untuk meningkatkan nilai tambah mereka.

Orang Cina ahli dalam pengolahan makanan dan dukungan mereka dalam bentuk usaha patungan dengan pedagang lokal, dan dalam pertanian perusahaan akan sangat membantu mengangkat kehidupan masyarakat lokal, Yasar Saleem Khan, manajer tim provinsi di kantor Pusat Pertanian Pakistan dan Bioscience Internasional. Dsy15