Pameran EXPO dan EXPOSE SMK-PK Pamerkan Ratusan Karya Inovasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 31 Okt 2022 09:21 WIB

Pameran EXPO dan EXPOSE SMK-PK Pamerkan Ratusan Karya Inovasi

i

Pameran EXPO DAN EXPOSE SMK-PK di Cito Mall Surabaya. Foto:SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar pameran EXPO DAN EXPOSE SMK-PK (SMK Pusat Keunggulan) di City Of Tomorrow (Cito) Mall Surabaya pada 27-31 Oktober 2022. Gelar karya ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Jumat (28/10/2022).

Pameran itu menampilkan ratusan karya inovasi SMK Pusat Keunggulan (PK). Sebanyak 204 sekolah terlibat dalam kegiatan yang menjadi wadah unjuk karya inovasi untuk menarik dunia usaha dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA), ataupun menjadi entrepreneur. 

Baca Juga: Khofifah: Alhamdulillah Program Kami Efektif

Pada kesempatan itu, Khofifah menjabarkan peningkatan kualitas dan kinerja lembaga pendidikan agar lulusan semakin banyak terserap DUDIKA menjadi salah satu tantangan SMK PK. Selain itu, sebagai sekolah pilot projek, SMK PK juga diharapkan dapat mengimbaskan program-program unggulannya ke seluruh SMK di Jatim.

"Saya berharap semua SMK Pusat Keunggulan dapat mengimbaskan program-programnya ke semua SMK di Jawa Timur yang berjumlah 2.150 SMK, terdiri dari 298 SMKN dan 1.852 SMK swasta," harap Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, SMK-PK harus mau berbagi dalam penggunaan peralatan dan sarana pembelajaran yang dibutuhkan SMK lain. 

"Jangan hanya antar SMK-PK, SMK-PK, juga harus bekerja sama dengan SMK Non PK untuk melakukan pemetaan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh DIDUKA. SMK PK harus menjadi agen perubahan, game changer yang berinisiatif mendorong perubahan mindset SMK-SMK di sekitarnya," ujarnya. 

Orang nomor satu di Jawa Timur itu berharap, SMK-PK dapat menjadi solusi dari permasalahan ketenagakerjaan dan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Menurutnya, tahun ini sebanyak 229.049 siswa lulus SMK. Di mana 99.716 siswa dari SMK negeri dan 129.333 siswa dari SMK swasta. Banyaknya lulusan ini diharapkan menjadi modal utama pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“SMK Pusat Keunggulan juga harus mampu menjadi penggerak pelaksanaan kurikulum merdeka. Saat ini SMK-SMK di Jatim merupakan pelaksana IKM terbanyak diantara provinsi lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi menyebut banyak produk inovatif yang telah dihasilkan SMK-PK.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

Selain pameran karya dan inovasi SMK-PK, EXPO DAN EXPOSE SMK-PK juga menyelenggarakan lomba-lomba dan workshop yang diikuti pengunjung dengan sasaran siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah. Sehingga selain untuk lebih mengenal pembelajaran di SMK, pengunjung juga dapat berpartisipasi aktif.

”Terdapat lomba eSport Mobile Legend, Band Pelajar, Fashion Show, Story Telling, Workshop dan Lomba Robotic Pemula serta Workshop Metaverse yang dapat diikuti oleh pelajar SMP dan MTs. Tentunya disediakan hadiah-hadiah bagi pemenang yang akan diserahkan saat penutupan tanggal 31 Oktober 2022 nanti” jelas Wahid. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU