Pandemi Covid-19, Karang Taruna Banjaran Gelar Donor Darah

Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Katino, Amd. saat mengikuti kegiatan sosial donor darah warga Kelurahan Banjaran, Kota Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemuda Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota, Kota Kediri yang tergabung dalam Karang Taruna menggelar kegiatan donor darah, Minggu (14/6/2020). Kegiatan sosial itu bertujuan untuk membantu stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) ditengah pandemi Covid-19.
 
Ketua Karang Taruna Kelurahan Banjaran, Abdul Aziz mengatakan, aksi sosial tersebut sudah dilakukan secara rutin tiap tahun. Di tengah pandemi, ia berharap kegiatan ini dapat membantu memenuhi stok darah di PMI Kota Kediri.
 
"Ini kegiatan rutin tiap tahun. Biasanya bulan April tapi karena kendala adanya Covid-19 jadi sempat tertunda. Alhamdulillah hari ini ada 80 orang lebih baik warga Banjaran maupun luar kelurahan. Kami ingin ikut membantu sesama di masa pandemi Covid-19," ujarnya.
 
Aksi sosial berlangsung sejak pukul 08.00 WIB di rumah yang rencananya akan dijadikan klinik untuk warga Kelurahan Banjaran. Selain warga setempat, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Katino, Amd juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
 
"Kegiatan ini cukup membanggakan dan menginspirasi, dari kalangan remaja dan pemuda mampu mengajak dan ikut serta dalam kegiatan donor darah. Apalagi selain pandemi Covid-19, ada penderita DBD dan thalasemia yang membutuhkan darah, belum lagi selama pandemi PMI kesulitan stok darah, semoga ini dapat menginspirasi pemuda dan warga Kota Kediri lainnya saling membantu sesama," jelas Katino usai mendonorkan darahnya.
 
Ditempat yang sama, Koordinator PMI Kota Kediri, Patra mengaku sangat berterimakasih karena terbantu dengan adanya kegiatan donor darah yang dilakukan warga Kelurahan Banjaran. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 stok darah di PMI Kota Kediri mengalami penurunan.
 
"Kegiatan ini sangat membantu kami, sejak pandemi Covid-19 stok darah di PMI lumayan mengalami penurunan hingga 40 persen. Semoga mudah-mudahan kegiatan semacam ini bisa menjadi inspirasi warga atau karang taruna di kelurahan lain untuk melakukan donor darah. Karena saat ini kita sedang membutuhkan stok darah untuk memenuhi kebutuhan pasien," jelasnya.
 
Diketahui, PMI Kota Kediri mengalami kekurangan stok darah sejak pandemi Covid-19. Dari data PMI Kota Kediri belakangan terakhir stok darah untuk golongan O dan A yang paling banyak dibutuhkan pasien. Can