Pandemi, Pendapatan Tukang Becak Merosot Tajam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 29 Des 2020 20:40 WIB

Pandemi, Pendapatan Tukang Becak Merosot Tajam

i

Bakti sosial berupa pembagian sembako dan uang bantuan terhadap fakir dan miskin yang dilakukan oleh Abi Sawal Kuswanto di jl Sidodadi.SP/ MAHBUB FIKRI 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Penyebaran Covid-19 belum juga mereda yang tengah berdampak pada banyak sektor usaha di Indonesia, dari usaha berskala besar, menengah, hingga para pejuang pundi-pundi rupiah di pasar tradisional dan pinggiran jalan raya.

Berbagai himbauan terkait Covid-19 yang berdampak pada merosotnya pendapatan pekerjaan mereka. Pembatasan interaksi yang gencar disuarakan sontak membuat becak-becak sepi penumpang, ojek online sepi orderan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Abdul, salah satu tukang becak yang biasa beroperasi di kawasan Jalan Sidodadi, Kota Surabaya juga ikut merasakan dampak pandemi non alam ini. Baginya menjadi tukang becak merupakan satu-satunya pendapatan baginya.

"Sehari cuman dapat 20 ribu, itupun kalau dapat ya, kalau tidak ya saya tidur di becak," akunya.

Dul (sapaan akrabnya) mengaku gembira saat mendapatkan rezeki dari salah seorang yang bernama Abi Sawal Kuswanto yang merupakan seorang pengusaha logistik. Dul mendapatkan uang sejumlah uang beserta nasi bungkus yang ia dapat saat siang hari.

Diketahui sebelumnya, wartawan Surabaya Pagi menemukan bakti sosial berupa pembagian sembako dan uang bantuan terhadap fakir dan miskin yang dilakukan oleh Abi Sawal Kuswanto diJj.l Sidodadi.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Abi mengaku prihatin terhadap kondisi perekonomian masyarakat yang tak kunjung membaik seperti saat ini, ditambah dengan kabar bahwa penambahan kasus penderita Covid-19 yang terus terjadi.

"Ya, ini sebagai bentuk rasa peduli kami terhadap sesama. Kasian ekonomi masyarakat saat ini. Ya bagi-bagi sedikit ya," ungkapnya.

Abi juga mengaku bahwa ia akan terus berbagi kepada sesama selama masa pandemi berlangsung. Ia melakukan hal itu hanya berlatar belakang rasa peduli terhadap sesama. fm

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

 

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU