Pandemi, Penjualan Tiket ke Luar Jawa Menurun 80 Persen

Caption foto: Kondisi travel agent Satwa Tri Jaya yang sepi konsumen/ foto: Sem

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sepanjang tahun 2020, penjualan tiket di sejumlah travel agent mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tak tanggung-tanggung, penurunan penjualan tiket merosot hingga menyentuh angka 80 persen.

"Biasanya sehari bisa 100 tiket, pandemi ya hanya 20 tiket, kadang-kadang 22 tiket," kata M. Mahfud, pemilik travel agent Satwa Tri Jaya saat ditemui di ASDP Tanjung Perak, Senin (14/12/2020)

Penurunan penjualan tiket terparah terjadi pada rute keberangkatan ke luar pulau Jawa. Khususnya ke Kalimantan, Sulawesi dan Makassar.

"Macam-macam mas, ya tiket pesawat, ya kapal laut pokoknya ke luar Jawa menurun," katanya

Saat ditanyai kerugian secara nominal, Mahmud enggan menyebutkan secara pasti. Namun ia mengaku bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

"Yang jelas kita merugi, karena memang sepi," akunya

Oleh karenanya, ia berharap pemerintah segera menangani pandemi covid-19 sehingga pelaku bisnis travel agent seperti dirinya dapat beroperasi secara normal.

Sebagai informasi, sebelumnya pihak Pelindo III tengah mengupayakan peningkatan penumpang ke luar Jawa dari 7 persen di kuartal III tahun 2020 menjadi 25 persen untuk awal tahun 2021.

"Peningkatan ini dapat dipicu dengan adanya harga rapid test yang terjangkau dan dilonggarkannya syarat bagi penumpang yang akan berangkat ke wilayah zona hijau," ujar Manajer Operasional Lapangan Pelindo 3 Surabaya, Ahmad Abidin.sem