Pansus Gratiskan PBB Untuk Veteran

Ketua Pansus PBB Hamka Mudjiadi. SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - Panitia khusus (Pansus) Pajak Bumi dan Bangunan  (PBB), berusaha untuk membesaskan pembayaran PBB bagi legium veteran perang.

Ketua Pansus PBB Hamka Mudjiadi mengatakan, bahwa pihaknya akan memperjuangkan dalam megratiskan PBB bagi para veteran Surabaya. Hal ini menjadi tanda terimakasih terhadap perjuangannya membela tanah air.

"Tetap kita perjuankan,  toh nilainya ngak tinggi, nilainya dari pemerintah kota ini gak sampai 500 juta pertahun, itu kecil dibandingkan dengan APBD Surabaya yang mencapai Rp 10,3 Triliun itu," kata Hamka, Senin (6/7) diruang rapat Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Legislator dari fraksi PAN ini menjelaskan, peraturan ini diatur dalam perwali, tapi hal itu bersifat pengajuan dengan berbagai syarat yang wajib dipenuhi.

"Memang regulasinya di atur dalam perwali itu ada keringanan, tapi sifatnya permohonan dan harus memenuhi syarat, tidak secara langsung otomatis. Kita berupaya bagaimana ini diatur dalam perwali, sehingga gratis itu otomatis kepada para veteran, nilanya gak banyak," lanjut Hamka.

Berdasarkan, peraturan gubenur DKI Jakarta yang sudah membebaskan PBB untuk para Veteran, hal itu menjadi rujukan bagi DPRD Kota Pahlawan ini. Selanjutnya DPRD kota Surabaya akan mendatangkan para ahli untuk mencari payung hukum dalam pembentukan raperda ini.

Sementara kesempatan lain, Subagyo Rahmad Ketua DPC Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya menangis haru di gedung DPRD Kota Surabaya. 

Dia mengungkapkan, banyak terimakasih karena sudah peduli terhadap nasib para mantan pejuang di kota pahlawan ini.

Subagyo dengan mata berkaca-kaca mengatakan, Tidak pernah terbersit dalam pikirannya mereka akan mendapakan apa setelah berperang dan berjuang untuk Indonesia.

"Pada waktu kita bertempur, kita tidak memikirkan dapet ini dapet itu,  tapi sekarang diopeni terimakasih," ujar  Subagyo.

Purnawirawan berpangkat kolonel itu menceritakan, diluar sana masih banyak veteran yang hidup serba pas-pasan dan  belum terjaring bantuan dari pemerintah. Dirinya mengaku sangat berterimakasih kepada DPRD kota Surabaya mau memperjuangkan para veteran untuk hidup lebih layak.

"Kemudian yang terakhir, saya sangat dekat dengan anggota kehidupannya dia untuk saat ini dalam level keterbatasan jadi kalau ada yang ingin meningkatkan kita ucapkan terima kasih," kata Subagiyo. Alq