Pasar Bongkaran Tuban Ditutup Sementara

Antisipasi Covid-19 pasar bongkaran dibelakang Pasar baru Tuban di Tutup sementara. SP/ SP

SURABAYAPAGI.COM. Tuban- Pemerintah Kabupaten Tuban telah mengeluarkan kebijakan menutup sementara pasar bongkaran di belakang pasar baru Tuban.

Kebijakan tersebut muncul sebagai respon atas hasil Rapid test massal para pedagang pasar bongkaran, yang hasilnya menyatakan adanya 3 orang pedagang reaktif positif beberapa waktu yg lalu.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan, sebelum kebijakan itu diambil, pihaknya telah berkoordinasi terlebih dulu dengan paguyuban pedagang pasar bongkaran belakang pasar baru Tuban.

"Kami sudah kordinasikan dengan paguyuban pedagang pasar bongkaran, mereka setuju," terang Agus. Minggu, (7/6/2020).

Pelaksanaan penutupan pasar tersebut, lanjut Agus Wijaya, dijadwalkan akan dimulai hari Senin tanggal 8 Juni pukul 06:00 sampai Selasa tgl 9 Juni pukil 18:00 WIB.

Dan untuk lokasi penutupan sendiri berada di sepanjang jalan tembus belakang pasar baru Tuban dan pertigaan menuju goa Akbar. Dengan sasaran penutupan yakni aktivitas jual beli sepanjang ruas jalan.

Selanjutnya skenario untuk akses mobil penumpang umum (MPU) juga dialihkan. Sehingga MPU dari lampu merah pabrik kapur yang biasanya menuju jalan tembus belakang pasar baru Tuban kini langsung lurus.

"Penutupan dimulai senin pukul 06.00 hingga besok selasa pukul 18.00 WIB," terangnya.

Mengenai tindak lanjut selama penutupan dan setelahnya, dijelaskan oleh Agus Wijaya, jika nantinya akan ada penempatan posko bersama (TNI, Polri, Satpol PP dan paguyuban pasar) untuk filterisasi pedagang dan pengunjung berkaitan ketaatan terhadap protokol pencegahan Covid-19.

Sedang untuk aktivitas selama penutupan sendiri, akan dilakukan sterilsasi dengan penyemprotan disinfektan oleh BPBD Tuban dan penataan physical distancing untuk para pedagang.

"Nanti ada posko bersama untuk pemantauan pedagang dan para pengunjung padar," tandas Agus. Her