Pasar Hewan di Kabupaten Pasuruan Boleh Buka

Suasana di salah satu pasar hewan kabupaten Pasuruan. SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Pemkab Pasuruan menyatakan pasar hewan di Kabupaten Pasuruan boleh buka lagi dengan syarat-syarat tertentu. Keputusan itu merupakan hasil rapat dinas-dinas terkait, Kamis (8/9).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan Diano Vella Very mengatakan, rapat kemarin dihadiri Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan serta instansi terkait lain. Pertemuan fokus membahas apakah pasar hewan bisa dibuka lagi setelah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

”Semua sepakat pasar hewan dibuka,” kata Diano setelah rapat.Meski demikian, lanjut dia, para peserta rapat tidak setuju begitu saja. Tetapi, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi para pedagang. Di antaranya, hewan yang dijual bukan ternak dari luar daerah. Para pedagangnya pun harus orang Pasuruan sendiri.

“Itu yang harus ditaati. Karena kalau masih ditutup kan masih ada itu pasar-pasar dadakan. Jadi, sekalian dibuka. Tapi, harus seperti sebelum Idul Adha lalu,” jelasnya.

Kapan dibuka? Menurut mantan Camat Sukorejo itu, dinasnya masih akan membuat nota dinas kepada Bupati Pasuruan. Nota itu sebagai dasar pembukaan dan perubahan surat edaran yang telah disebarkan terkait penutupan pasar hewan.

“Setelah ini kami buat nota dinasnya. Dasarnya ya hasil rapat ini. Semoga segera disetujui pimpinan,” tambah Diano. Kapan dibuka? Menurut mantan Camat Sukorejo itu, dinasnya masih akan membuat nota dinas kepada Bupati Pasuruan. Nota itu sebagai dasar pembukaan dan perubahan surat edaran yang telah disebarkan terkait penutupan pasar hewan.

“Setelah ini kami buat nota dinasnya. Dasarnya ya hasil rapat ini. Semoga segera disetujui pimpinan,” tambah Diano. ris