Pasar Turi Baru, Pusat Grosir Cita Rasa Mall

Ruang dalam Pasar Turi baru difoto dari lantai LG, saat Soft Opening, Rabu (30/3/2022). SP/ Raditya

Soft Opening Dibuka Wali kota Eri Cahyadi, Rabu Siang

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Sejumlah warga kota Surabaya yang menghadiri soft opening Pasar turi baru, tercenggang. Dalam acara yang dibuka wali kota Surabaya, Eri Cahyadi, warga bisa menyaksikan kemewahan pusat grosir monumental di dekat Tugu Pahlawan.

Meski “mangkrak” hampir 14 tahun, interiur bangunan 9 lantai itu tampak bersih. Semua dinding dicat putih.

Lift sampai berjejer tiga.  Juga eskalator, berjejer kanan kiri. Baik lift maupun tangga berjalan lebih luas dibanding di PGS.

Tempat parkir yang ada lantai bawah dan atas, tampak luas, seperti area parkir Galaxy mall dan Tunjungan Plaza. “AC dingin. Belanja grosir murah dalam suasana nyaman kayak di mall,” komentar Ping Lam, warga Surabaya yang sudah lama menetap di Jakarta, usai soft opening.

Hal yang menarik dalam soft opening, pedagang Pasar Turi Baru eks “penguasa” TPS (Tempat Penampungan Sementara) menjadi panitia. H. Taufik, tokoh pedagang eks TPS yang disegani ikut jadi penerima tamu. Pria keturunan Arab ini ramah menerima tamu. Juga rekan-rekannya berbaur dengan pedagang Pasar Turi lain yang beretnis Tionghoa.

Meski gedung bak mall,  mayoritas pedagang kelas menengah bawah.

Pantauan Surabaya Pagi, ada pedagang yang berkaos kutang, bercelana pendek dan duduk ngelesot. Tampak juga pedagang bersarung dan sandal japit. “ Pedagangnya mirip pasar tradisional,” komentar seorang pemilik stan dari Galaxy Mall.

 

Pemulihan Aset Daerah

Pada acara soft opening, Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Bahtiar Ujang Purnama turut berbicara. Bahtiar mengatakan, upaya pemulihan fungsi Pasar Turi berjalan sesuai jadwal yang direncanakan dan kini akhirnya bisa segera dimanfaatkan setelah lebih 10 tahun konflik antara investor dan pedagang.

“Kami senang, upaya pendampingan KPK bisa bermanfaat untuk mengotipmalkan kontribusi Pasar Turi terhadap perekonomian Kota Surabaya. Karena metode pemberantasan korupsi itu salah satunya adalah Pencegahan, melalui pemulihan aset milik daerah ataupun aset negara,” kata Bahtiar dalam acara Soft Opening Pasar Turi Baru, Rabu (30/3/2022).

Bahtiar menjelaskan, jika ada pihak yang merasa bingung dengan keberadaan KPK di pembukaan Pasar Turi Baru, ini adalah bukti kerja KPK dalam upaya pencegahan korupsi.

“KPK tidak hanya penindakan dengan OTT dan menghukum koruptor. Kegiatan yang kami lakukan di Pasar Turi ini sifatnya soft, kita dampingi Pemkot Surabaya, berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Forkopimda. Karena kalau Pasar Turi mati, Pemkot Surabaya kehilangan sebagian pendapatannya,” ungkap Bahtiar.

KPK juga mengapresiasi Pemkot Surabaya dan investor Pasar Turi yang mau membangun komunikasi, sehingga Pasar Turi bisa beroperasi kembali.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada KPK, karena terus memberi pengarahan sejak 2019. Sehingga aset pemkot tersebut bisa dibuka kembali.

Eri juga mengajak masyarakat dan para pedagang untuk meramaikan kembali Pasar Turi.

“Ayo kita tumbuhkan kembali Pasar Turi ini, ayo kita bangkitkan lagi Pasar Turi ini, sebagai pusat kulakan di Indonesia Timur seperti masa kejayaannya dulu,” ujar Eri. n alq, an, ham, min