Pasca Gempa, Destinasi Wisata Kabupaten Malang Tetap Buka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Apr 2021 11:23 WIB

Pasca Gempa, Destinasi Wisata Kabupaten Malang Tetap Buka

i

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang belum mengambil kebijakan untuk menutup tempat wisata setelah daerahnya terkena gempa bumi. SP/Blog.DWI

SURABAYAPAGI, Malang – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Malang baik air terjun, pantai dan sebagainya masih beroperasi sampai sekarang. Lantaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang belum mengambil kebijakan untuk menutup tempat wisata setelah daerahnya terkena gempa bumi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengungkapkan tempat wisata tetap buka, karena memang tidak ada instruksi penutupan dari Bupati Malang.

Baca Juga: Pemkab Malang Sukses Tekan Inflasi Selama Ramadan

Made tak menampik, hampir sebagian besar tempat wisata di wilayahnya terdampak gempa. “Tak terkecuali beberapa pantai di sepanjang pesisir selatan Malang. Selama ini pantai-pantai yang berada di Kabupaten Malang termasuk paling diminati wisatawan domestik’ ujarnya.kemarin.

Dengan adanya gempa, pariwisata di Kabupaten Malang terutama pantai ikut terpengaruh. Banyak wisatawan takut untuk mendatangi pantai-pantai di pesisir selatan Malang. Apalagi titik episentrum gempa berada tidak jauh dari lokasi tersebut.

Baca Juga: Destinasi Tanah Lot dan Ulun Danu Beratan Dipadati Pengunjung, Didominasi Wisatawan Jatim

Made menilai, kekhwatiran wisatawan untuk mendatangi pantai setidaknya akan berlangsung sampai satu pekan. Meski demikian, pihaknya akan berusaha menggairahkan kembali pariwisata setelah diterpa bencana. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan promosi yang telah terprogram sebelumnya.

Gempa bumi telah mengguncang sejumlah kawasan di Jawa Timur (Jatim) Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB. Berdasarkan informasi resmi BMKG, gempa berkekuatan 6,7  yang kemudian diperbaharui 6,1 SR tersebut berpusat di 90 km barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer (km).

Baca Juga: Kapolsek dan Jajaran Polsek Singosari Buka Puasa Bersama Tahanan Polsek Singosari

Selanjutnya, Malang Raya kembali diterpa gempa bumi susulan, Minggu (11/4) pukul 06.54 WIB. Semula BMKG merilis gempa memiliki kekuatan magnitudo 5,5 yang kemudian diperbarui menjadi 5,3. Pusat gempa terletak di laut pada jarak 71 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan kedalaman 102 kilometer (km).na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU