Pasien Covid-19 RSUD Ponorogo Membeludak, IGD Penuh

Sejumlah nakes kelelahan menunggu kedatangan pasien di RSUD Ponorogo, Sabtu (26/6/2021) malam. SP/Tangkapan layar Instagram

SURABAYAPAGI, Ponorogo - Kasus Covid-19 di Kabupaten Ponorogo melonjak naik, hal ini bisa dilihat di salah satu ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit yang penuh di wilayah tersebut. Ruang isolasi pasien Covid-19 RSUD Dr Harjono Ponorogo membeludak hingga memenuhi ruang IGD.

Selain itu, dalam video yang beredar tenaga kesehatan (Nakes) sudah mulai kelelahan hingga duduk selonjoran di depan ruang IGD. Ketika dikonfirmasi, Sekda Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono membenarkan video yang viral tersebut ada di RSUD Dr Harjono.

Agus mengatakan ada empat belas pasien masuk dalam waktu yang hampir berdekatan. "Pasien masuk disitu harus dilakukan tes apakah positif Covid-19 atau tidak, ini perlu waktu," kata Agus, Minggu (27/6/2021).

Selain itu, ruang isolasi memang sedang penuh, sehingga membutuhkan waktu untuk mengeluarkan pasien."Yang dikeluarkan ini bagi yang kondisinya membaik. Minimal 10 hari dirawat dan bisa isolasi mandiri di rumah," lanjutnya.

Ketika ruang tersebut kosong, barulah pasien Covid-19 yang di IGD bisa ditarik masuk ke ruang isolasi."Jadi tadi malam ada 14 pasien, yang bisa masuk 10 pasien," lanjutnya

Sedangkan sisanya masih menunggu pasien yang lain keluar.Salah satu solusi yang akan dilakukan RSUD Dr Harjono Ponorogo adalah dengan menambah ruang isolasi.

Rencananya RSUD Dr Harjono Ponorogo akan menambah ruang isolasi dari 46 tempat tidur menjadi 100 tempat tidur. "Kita tambah ruang isolasi, Insyaallah selesai 3 hari kedepan," kata Agus, Minggu (27/6/2021).

Selain RSUD Dr Harjono Ponorogo, Agus mengatakan rumah sakit rujukan Covid-19 yang lain juga akan menambah daya tampung ruang isolasi.Misalnya saja RS Darmayu menambah 5 ruang Intensive Care Unit (ICU) dan 19 ruang isolasi.Lalu RS Muhammadiyah menambah 10 ruang isolasi dan 4 ruang ICU.

Sementara itu, Wadir Bidang Medik RSUD Dr Harjono Ponorogo, Enggar Tri Adji mengatakan ruangan yang akan dialihkan menjadi ruang isolasi adalah Ruang Tulip"Sebelumnya untuk pasien umum, ini sudah ada wacana akan dialihkan menjadi ruang isolasi pasien Covid-19," kata Enggar.tn/na