Pasmar 2 Vaksinasi Booster 800 Warga Desa Semampir Sedati

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus menggencarkan serbuan vaksinasi Covid-19 terutama vaksin booster. Kali ini Marinir Pasmar 2 bersama Desa Semampir Sedati dan Puskesmas Sedati melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat desa Semampir dan sekitarnya di Balai Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Senin (11/4/2022).

Vaksinasi ini merupakan kolaborasi antara Korp Marinir yakni Pasmar 2 dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kec Sedati serta Pemdes Semampir. Berdasarkan data, Pasmar 2 melakukan penyuntikan vaksin 1, 2 dan 3 untuk 800 orang dengan vaksin AstraZeneca. 

Kades Semampir H Luqman Mualim, SH mengatakan vaksinasi ini untuk mengejar herd immunity (kekebalan komunal), masyarakat yang sudah divaksin 1 dan 2 targetnya 90 persen, sedang vaksin 3 atau booster sekitar 80 persen. "Kita akan buka vaksinasi lagi bagi masyarakat yang belum disuntik, kita lakukan vaksinasi dengan menggandeng Pasmar 2. Sudah banyak stakeholder yang ikut mendukung program percepatan vaksinasi di desa kami. Salah satunya Korps Marinir TNI AL," katanya.

Kades Luqman Mualim menambahkan, kita harus bahu membahu mempercepat vaksinasi, antisipasi Hari Raya Idul Fitri, Prokes harus diutamakan. Kepada warga yang menjalani vaksinasi, Kades Luqman Mualim  mengatakan meski sudah divaksin tidak boleh meremehkan penyebaran Covid-19. Sangat penting tetap menjalankan protokol kesehehatan (Prokes). "Karena Prokes efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu Danyon 1 Pasmar 2 Lekol Mar Akhmad Kharis Mukhyddin mengatakan kegiatan ini dalam rangka mensukseskan program vaksinasi pemerintah untuk menangani penyebaran virus Covid-19. "Ini sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bahwa kita ditugaskan membantu pemerintah untuk memberikan vaksin kepada masyarakat yang membutuhkan, kebetulan Pemdes Semampir butuh vaksinasi, maka kita sediakan 800 dosis vaksin, namun kalau kurang bisa kita tambah lagi," katanya.

Tujuan vaksinasi ini, lanjut Lekol Mar Akhmad Kharis yakni memberikan kekebalan tubuh pada masyarakat yang akan mudik lebaran sehingga kondisinya sehat di lingkungan keluarga maupun di kampung halamannya.

"Dalam mensukseskan vaksinasi ini, kami melibatkan 39 personil gabungan dari Korps Marinir," pungkasnya. sg