Pasokan Seret, Kapolresta Sidoarjo Sidak Minyak Goreng di Gudang Minimarket

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro saat melakukan sidak di salah satu gudang gerai modern di Sidoarjo/ Foto:Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, melakukan sidak ketersediaan minyak goreng di sejumlah gudang minimarket di wilayah Gedangan, Sidoarjo, Senin (21/2/2022).

Dari hasil sidak tersebut, ditemukan bahwa suplai minyak goreng dari pihak supplier memang sangat terbatas.

“Seperti di gudang salah satu minimarket yang kami datangi ini, ada tinggal 179 karton yang per kartonnya berisi enam kemasan 2 liter. Stok ini pun datang dari pihak supplier, langsung di distribusikan ke gerai-gerai minimarket di wilayah Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan Madura,” kata Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Lebih lanjut ia jelaskan, tidak ada permainan harga minyak goreng yang dijual.  Minyak goreng yang dijual, sesuai dengan HET yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perdagangan yakni Rp14.000 per liter.

Selain tidak ada permainan harga, pihaknya juga tidak menemukan adanya penimbunan stok dari pihak distributor.

Dalam sidak kelangkaan minyak goreng kali ini, Kapolresta Sidoarjo berkomunikasi dengan beberapa kepala cabang minimarket. Dari komunikasi tersebut, ditemukan bahwa terjadinya kelangkaan minyak goreng akibat adanya permintaan dari pihak minimarket yang tidak dipenuhi secara banyak oleh pihak supplier.

“Di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. contohnya dari permintaan minyak goreng 100 persen ke supplier, hanya dipenuhi bulan Januari 14 persen, Februari 8 persen. Karena suplai yang sangat minim itulah menyebabkan kelangkaan minyak goreng di wilayah kita,” paparnya.

Menindaklanjuti laporan itu, Kapolresta Sidoarjo rencananya akan berkoordinasi dengan pihak supplier untuk dikonfirmasi musabab keterlambatan penyediaan minyak goreng.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar masyarakat tidak panik akibat kurangnya ketersediaan minyak goreng. Pihak kepolisian bersama dinas terkait menjamin situasi seperti ini segera teratasi dan tetap aman kondusif.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Sidoarjo Sudarman juga membenarkan keterbatasan stok minyak goreng di tempatnya, akibat penyediaan dari pihak supplier yang begitu terbatas.

“Tidak sepenuhnya demand kami dipenuhi semuanya, dikirim dalam jumlah sedikit kemudian segera kami distribusikan ke gerai-gerai Alfamart sesuai permintaan,” aku Sudarman (Sug/Sem)