Pastikan Harga dan Stok Bapok Stabil, Pemkab Bojonegoro Gelar Sidak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 16 Apr 2023 09:39 WIB

Pastikan Harga dan Stok Bapok Stabil, Pemkab Bojonegoro Gelar Sidak

i

Pemkab Bojonegoro saat melakukan sidak ke pasar Kapas Bojonegoro, Jum’at (14/4/2023). Foto: Pemkab Bojonegoro.

SURABAYAPAGI.COM, Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bravo Supermarket dan Pasar Desa Kapas, Bojonegoro pada Jumat (14/4/2023).  Hal tersebut bertujuan untuk memastikan harga dan stok kebutuhan pokok di pasaran stabil menjelang lebaran.

Sidak tersebut dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Kapolres Bojonegoro, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0813 Bojonegoro, Kepala Kantor Cabang (Kanca) Bulog Bojonegoro, beberapa OPD terkait, Camat Kapas, dan jajaran Pemerintah Desa setempat.

Baca Juga: Sidak Dewan, Pemkot Mojokerto Sambut Positif Sebagai Fungsi Kontrol

Yang disasar pertama oleh bupati dan rombongan saat di pasar kapas yaitu di kios-kios pedagang beras, daging sapi, daging ayam dan telur. Dilanjutkan di kios pedagang cabai sampai bawang merah dan bawang putih.

Kedatangan rombongan disambut antusias oleh pedagang pasar kapas dan sempat menjadi ajang curhat serta mengeluh warga kepada Bupatinya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Anna secara langsung berdialog dengan pedagang terkait stok dan harga beberapa barang kebutuhan kepada perwakilan pimpinan Bravo dan beberapa pedagang di Pasar Kapas.

“Setelah kami cek, semua sangat terkendali mulai dari bumbu-bumbu, bahan pokok termasuk juga persiapan untuk lebaran. Bahkan beberapa bahan pokok menurut keterangan pedagang sendiri juga ada peningkatan penjualan,” kata Anna.

Baca Juga: Mentan Warning Oknum Jual Pupuk di Atas HET

Berdasarkan hasil sidak, diketahui untuk komoditi cabai merah dibanderol Rp18.000 per kilogram, telur di kisaran harga Rp25.000 hingga Rp25.500 per kilogram. Kemudian harga daging juga tetap stabil, daging ayam dengan harga Rp33.000 per kilogram dan daging sapi Rp110.000 per kilogram.

Selain memastikan stok dan harga kebutuhan pokok, Ibu Pembangunan Bojonegoro ini juga menanyakan langsung kepada para penjual terkait sarana prasarana yang ada di Pasar Kapas, seperti listrik hingga kenyamanan stan tempat berjualan.

“Pasar ini aset desa, kemudian bagi Pemkab sarana prasarana dan fasilitas perdagangan sangat penting. Jadi akan dilakukan perbaikan selama itu sesuai regulasinya yang ada,” ujarnya.

Baca Juga: Rumah Warga di Bojonegoro Terancam Longsor Tergerus Banjir Bengawan Solo

Lebih lanjut, pihaknya juga mengimbau warga untuk membeli sembako dan kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

"Jangan sampai terjadi panic buying yang dapat membuat kenaikan harga dan berbelanja dengan cerdas sesuai kebutuhan sehari hari," pungkasnya. bjn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU