Pastikan Masalah Pengangguran di Surabaya Teratasi dengan Baik, Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Sidak Disnaker Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 21 Jul 2022 16:14 WIB

Pastikan Masalah Pengangguran di Surabaya Teratasi dengan Baik, Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Sidak Disnaker Surabaya

i

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dodot Wahluyo (kiri) dan Kepala Seksi Penempatan Kerja Yuni Cahyawati (tenga

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Masalah pengangguran masih di level tertinggi di Kota Pahlawan ini. Diharapkan mengatasi pengangguran ini menjadi prioritas yang segera diselesaikan, demi terciptanya kesejahteraan masyarakat Surabaya. DPRD Kota Surabaya terus melakukan pengawalan dalam penyelesaian masalah tersebut. 

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan dan program Pemkot untuk mengatasi pengangguran di Surabaya. 

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

Kedatangan AH. Thony disambut Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dodot Wahluyo dan Kepala Seksi Penempatan Kerja Yuni Cahyawati. 

AH. Thony mengatakan, angka pengangguran di Surabaya pada 2020 mencapai 150.000. Jumlah tersebut, diperkirakan Thony, meningkat pada 2021 karena efek pandemi. 

Tingginya angka pengangguran ini tentu mengakibatkan beberapa dampak buruk. Termasuk tingkat kesejahteraan menurun, terhambatnya pertumbuhan ekonomi, dan menimbulkan berbagai masalah sosial. 

“Saya merasa perlu ada perhatian serius dalam rangka mengatasi persoalan pengangguran ini.  Pemkot harus membuat formulasi kebijakan yang sistematis,” ungkap Thony, Kamis (21/7).

Sementata Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Ketenaga Kerjaan Dodot mengatakan , selama ini Pemkot Surabaya melalui Disnaker sudah melakukan beberapa langkah inovatif untuk mengatasi masalah pengangguran ini. Salah satunya, meluncurkan aplikasi berbasis website Link and Match bernama Arek Suroboyo Siap Kerjo (ASSIK). 

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

"Melalui aplikasi tersebut, masyarakat Kota Pahlawan bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan," kata Dodot. 

Dodot melanjutkan aplikasi tersebut merupakan inovasi di tengah pandemi yang di-launching pada bulan lalu. Melalui aplikasi berbasis website Link and Match ASSIK, para perusahaan atau industri kerja lebih mudah mencari calon tenaga kerja di Kota Surabaya. 

“Sebab, para pelamar tidak perlu membawa berbagai macam berkas, hanya perlu mengisi data diri dan memilih lowongan pekerjaan yang tersedia. Masyarakat bisa mendaftar dengan mengakses https://disnaker.surabaya.go.id/assik,” ujar Dodot. 

Dapat diakses dimana saja membuat ASSIK menjadi senjata bagi para pencari kerja. Hingga kini, tercatat 234 perusahaan yang bergabung di aplikasi tersebut. Sejak kali pertama diluncurkan sampai sekarang, setidaknya ada 8000 pencari kerja yang sudah menggunakan ASSIK. 

Baca Juga: Halal Bihalal Hari Pertama Masuk Kerja, DPRD Surabaya Optimalkan Kinerja

Adanya inovasi tersebut disambut baik oleh AH Thony. Ia mengungkapkan bahwa tak sekadar penghubung perusahaan dengan pencari kerja, ASSIK juga bisa menjadi media untuk memantau seberapa jauh animo masyarakat dalam mengejar lapangan pekerjaan. 

Namun, jika dilihat dari penggunanya sebesar 8000 orang, angka tersebut masih cukup sedikit jika dikomparasikan dengan jumlah pengangguran di Surabaya yang mencapai ratusan ribu. 

AH. Thony memastikan bahwa pihaknya siap mendukung penuh untuk mengatasi masalah pengangguran di kota Surabaya. Termasuk perihal anggaran. Usaha-usaha tersebut juga tak hanya menjadi kewajiban Pemkot Surabaya, namun juga semua pihak. “Intinya, bagaimana lapangan kerja menjadi bagian ekosistem kehidupan masyarakat sehingga mereka terlibat dan menjadi bagian produktivitas kota,” pungkas Thony. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU